Setya Novanto Stres Jelang Sidang

Tersangka kasus korupsi KTP Elektronik Setya Novanto
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Ketua DPR RI, Setya Novanto dikabarkan stres menjelang sidang perdananya di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, terkait kasus dugaan korupsi e-KTP. Rencananya, sidang perdana Novanto akan digelar Rabu, 13 Desember 2017, dengan agenda pembacaan surat dakwaan dari Jaksa Penuntut Umum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Polisi Didesak Segera Usut Pernyataan Agus Rahardjo Soal Jokowi Stop Kasus e-KTP

"Ya manusiawi ya hal-hal semacam itu, tapi kan yang tidak bisa dibohongi kan record penyakit ya. Siapa pun termasuk saya kalau menghadapi kondisi semacam ini, tentu ada penyakit bawaan itu yang sudah lama dan akut pasti memberikan dampak ya," kata Penasihat Hukum Setya Novanto, Firman Wijaya di kantor KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa, 12 Desember 2017.

Kendati demikian, Firman enggan berspekulasi apakah Setya Novanto akan bisa menjalani persidangan besok atau tidak. Hanya saja, menurut Firman, sampai hari ini, kliennya itu masih sanggup menjalani pemeriksaan.  

Respon Jokowi Usai Mantan Ketua KPK Agus Rahardjo Dilaporkan ke Bareskrim Polri

"Saya cuma ingin meletakkan itu secara proporsional. Jika beliau mampu sidang ya silakan lanjut, tapi kalau tidak mampu kan tidak bisa dipaksakan," kata Firman. 

Novanto dalam perkara ini diduga telah mengintervensi panitia proyek untuk memperkaya diri sendiri, orang lain, dan korporasi, sehingga negara alami kerugian sekitar Rp 2,3 triliun. Sidang di Pengadilan Tipikor rencana akan dimulai Rabu, 13 Desember 2017. 

Hal tersebut menjadi penting bagi KPK, sebab apabila sidang pokok perkara di Pengadilan Tipikor ini dimulai, maka sidang praperadilan yang diajukan Novanto di PN Jaksel otomatis menjadi gugur. Namun bila dakwaan itu ditunda, maka sidang putusan praperadilan dibacakan Kamis, 14 Desember 2017.

Sebut Jokowi Intervensi Kasus e-KTP, Agus Rahardjo Diadukan ke Bareskrim
Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2024