Nama Ganjar Pranowo Raib, Kubu Novanto Curiga KPK Main Mata

Setya Novanto saat sidang perdana E-KTP.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Kuasa hukum, Setya Novanto, Maqdir Ismail mencurigai ada ‘main mata’ antara Komisi Pemberantasan Korupsi dengan sejumlah politikus tertentu. 

Polisi Didesak Segera Usut Pernyataan Agus Rahardjo Soal Jokowi Stop Kasus e-KTP

Kecurigaan itu menyusul raibnya nama-nama politikus seperti  Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Bendum PDIP, Olly Dondokambey dan Menkumham Yasonna Laoly dalam surat dakwaan terhadap Novanto.

"Itulah makanya saya katakan tadi kenapa kok tiba-tiba di perkara namanya hilang? Namanya Ganjar yang menerima uang hilang. Bukan hanya Pak Ganjar, Yasona Laoly hilang, Olly Dondokambey hilang. Apa yang terjadi, negosiasi apa yang dilakukan oleh KPK?," kata Maqdir usai mendampingi Novanto menjalani sidang dakwaan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu, 13 Desember 2017.

Respon Jokowi Usai Mantan Ketua KPK Agus Rahardjo Dilaporkan ke Bareskrim Polri

Maqdir enggan berspekulasi soal nama-nama itu hilang karena berasal dari partai penguasa saat ini. Hanya saja dirinya memastikan dalam proses persidangan nanti, itu akan didalami kuasa hukum kepada sejumlah saksi-saksi.

"Saya tidak melihat partai, tetapi saya melihat personal orang yang di dalam dakwaan yang lain disebut terima uang, tiba-tiba di sini raib (hilang), ada apa itu. Ini yang kami persoalkan. Tentu, tentu itu (kami dalami nanti)," kata Maqdir. 

Diketahui, pada surat dakwaan mantan dirjen Dukcapil Kemendagri, Irman dan Pejabat Pembuat Komitmen Proyek e-KTP,  Olly selaku Wakil Ketua Banggar DPR RI saat proyek e-KTP bergulir, disebutkan menerima uang korupsi e-KTP senilai 1,2 juta dollar AS, Ganjar senilai 520 ribu dollar AS, dan Yasonna sebesar 84 ribu dollar AS. 

Sebut Jokowi Intervensi Kasus e-KTP, Agus Rahardjo Diadukan ke Bareskrim

Namun dalam dakwaan Setya Novanto, ketiga nama itu, serta sejumlah politikus lainnya, hanya disebut jaksa KPK "Beberapa anggota DPR RI periode 2009-2014 sejumlah 12.856.000 dolar Amerika Serikat dan Rp44 miliar."

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2024