Kemendikbud Ralat Buku Isi Yerusalem Ibu Kota Israel

Buku pelajaran yang menyatakan Yerusalem ibukota Israel.
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meralat konten buku pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VI Sekokah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) dengan pengarang Shendy Amalia dan I.S Sadiman yang didalamnya menyebut Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Australia Batalkan Akui Yerusalem Sebagai Ibu Kota Israel

Buku tersebut merupakan terbitan dari Kemendikbud. Pemberitahuan ralat pada konten buku kurikulum 2006 itu telah disebarluaskan ke sekolah-sekolah melalui dinas pendidikan setempat. 

"Konten dalam buku tersebut diralat menjadi, Ibu Kota negara Israel sebagai Tel Aviv," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang) Kemendikbud, Totok Suprayitno di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Kamis 14 Desember 2017.

Parasit Berbahaya Terungkap dari Toilet di Yerusalem

Ia menjelaskan, berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 8 Tahun 2016 tentang buku yang digunakan oleh Satuan Pendidikan menyebutkan bahwa buku teks pelajaran maupun buku non teks pelajaran harus sejalan dengan nilai Pancasila, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, dan norma positif yang berlaku di masyarakat. Hal itu, untuk menjamin pemenuhan nilai-nilai dan standar kriteria buku.

"Indonesia sejak awal mempunyai komitmen dan konsisten mendukung kemerdekaan Palestina dan tidak mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. Diperlukan pelibatan semua pelaku dan pemangku kepentingan sebagai ekosistem perbukuan," ujar dia.

7 Fakta Menarik Yerusalem yang Jarang Diketahui, Kota Suci 3 Agama

Kemudian, lanjutnya, penilaian atas kriteria kelayakan buku teks pelajaran maupun buku non teks pelajaran diajukan oleh penerbit kepada Kemendikbud atau Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Setelah naskah buku selesai dibuat penulis, lalu masuk tahap penelaahan. Para penelaahnya berasal dari perguruan tinggi.

"Naskah ditelaah, lalu diberikan ulasan atau dikaji, diedit, dan ada uji keterbacaan oleh para guru, kemudian baru ditetapkan sebagai buku pelajaran oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan," katanya.

Bethlehem, Yerusalem.

Terungkap, Ibu Kota yang di Klaim Zionis Israel Pernah Dilanda Gempa Dahsyat

Sebuah penemuan terbaru oleh para arkeolog mengungkapkan bahwa wilayah Yerusalem mengalami gempa bumi hebat sekitar 2.800 tahun yang lalu. Penemuan ini didasarkan kotanya

img_title
VIVA.co.id
25 Januari 2024