Di Aceh Ada 6.000 Buku SD Sebut Yerusalem Ibu Kota Israel

Buku pelajaran yang menyatakan Yerusalem ibukota Israel.
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Sebanyak 6.000 buku pelajaran untuk siswa kelas VI sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah disita Pemerintah Kabupaten Aceh Barat. Penyitaan ini terkait pencantuman materi mengenai Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Tangis Jenderal Andika Perkasa Kenang Momen Besama Teungku Bantaqiah di Aceh Barat

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Laisani, mengatakan, penyitaan ribuan buku yang digelar pada Kamis, 14 Desember 2017 itu, dipastikan akan berlanjut ke daerah lain.

Karena diduga masih banyak buku serupa lain yang tersebar. "Saat ini kami sedang monitoring di seluruh daerah. Karena klaim ibu kota itu tidak benar," katanya, Jumat, 15 Desember 2107.

Arab Saudi Mulai Hilangkan Materi Anti Israel dari Buku Pelajaran Sekolah

Sebanyak 6.000 buku yang telah disita dari Aceh Barat, merupakan buku mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Buku itu diterbitkan tahun 2006-2007, atau sudah 10 tahun beredar di Aceh Barat.

Meski begitu, pemerintah setempat tetap memastikan akan melakukan penyitaan. Termasuk menelusuri siapa penerbit buku pelajaran tersebut.

Arab Saudi Pernah Tarik Buku Pelajaran karena Cetak Gambar Raja Arab Rapat Dengan Yoda "Star Wars"

"Kami akan panggil perwakilan penerbit," ujarnya.

Ilustrasi buku.

Geger Buku Sekolah Memuat Ilustrasi Gambar Nabi Muhammad

Masyarakat negara Kenya sedang dihebohkan oleh sebuah penerbit yang menarik buku-buku yang memuat gambar Nabi Muhammad SAW menyusul aksi protes dari para pemimpin Muslim.

img_title
VIVA.co.id
12 Oktober 2023