Gempa 6,9 SR Tasikmalaya

Potensi Tsunami di Tasik, Cilacap, Kebumen, dan Kulonprogo

Ilustrasi mesin seismograf membaca gempa.
Sumber :
  • ANTARA Foto/Nyoman Budhiana

VIVA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menyatakan, gempa 6,9 Skala Richter mengguncang Pulau Jawa, berpusat di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat malam, 15 Desember 2017. BMKG memberikan peringatan dini tsunami.

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

Gempa yang terjadi pada pukul 23.47 WIB, berada pada 42 kilometer barat daya Kawalu, 44 kilometer tenggara Singaparna, 47 barat daya Cibereum, dan 54 barat daya Ciamis. Terpusat pada 7,75 lintang selatan, 108 bujur timur pada kedalaman 107 kilometer.

Potensi tsunami terjadi di Tasikmalaya, Ciamis, Jawa Barat, dengan status Siaga. Kemudian di Cilacap, Kebumen, Jawa Tengah dan wilayah Kabupaten Kulonprogo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan status Waspada.

Badan Geologi: Potensi Tsunami Akibat Gunung Ruang Bisa Setinggi 25 Meter

Sementara itu, daerah sekitar gempa yang tidak ada ancaman tsunami adalah Cianjur, Sindangbarang, Sukabumi, Ujung Genteng, Jawa Barat dan Bantul, DIY. Warga yang tinggal di pesisir diminta untuk segera menjauh dari pantai.

Masyarakat diminta untuk tetap tenang dan selalu mematuhi arahan petugas dan pemerintah setempat. Warga juga diminta untuk menghindari berada dalam bangunan yang terkena dampak gempa. Agar lebih aman, warga harus keluar dari rumah.

BMKG 'Tak Berkedip Mata' Pantau Potensi Tsunami Imbas Erupsi Gunung Ruang
Gunung Ruang di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, terpantau diselimuti awan kabut dari atas KM Bimasena yang digunakan oleh Tim Kantor SAR Manado mengevakuasi warga setempat, Rabu, 18 April 2024.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

BMKG mengingatkan warga agar mewaspadai potensi terjadinya tsunami akibat erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Kabupaten Sitaro, Sulut

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024