Gempa Tasikmalaya Terasa hingga Jakarta dan Depok

Ilustrasi mesin seismograf membaca gempa.
Sumber :
  • ANTARA Foto/Nyoman Budhiana

VIVA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menyatakan, gempa 6,9 Skala Richter (sebelumnya disebutkan 7,3 SR) yang mengguncang Pulau Jawa, ternyata berpusat di dekat wilayah Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Namun, getaran terasa hingga Jakarta dan Depok.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

Dalam akun resminya, BMKG mengatakan, gempa terjadi pada pukul 23.47.58 WIB, Jumat malam, 15 Desember 2017. Lokasi gempa di titik koordinat 108 Lintang Selatan, 04 Bujur Timur, atau 43 kilometer barat daya, Kabupaten Tasikmalaya.

Pascaguncangan gempa tersebut, BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tsunami untuk wilayah Jawa Barat, Yogyakarta, dan Jawa Tengah.

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

Akibat gempa ini beberapa kegiatan yang terjadi di beberapa wilayah terpaksa bubar. Salah satunya, seperti yang disiarkan tvOne, pertunjukan wayang kulit yang digelar di Kota Yogyakarta. Penonton berhamburan meninggalkan pertunjukan wayang kulit tersebut.

Badan Geologi: Potensi Tsunami Akibat Gunung Ruang Bisa Setinggi 25 Meter

Selain terasa hingga Jakarta dan Depok, gempa ini juga terasa di beberapa daerah seperti Madiun hingga Kebumen.

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 147 bangunan infrastruktur pasca dilanda bencana gempa di Provinsi Sulawesi Barat pada Selasa, 23 April 2024. Diketahui, gempa me

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024