BMKG: Waspada Hujan Lebat saat Natal Hingga Tahun Baru

Monitor prakiraan cuaca di kantor BMKG.
Sumber :
  • VIVA.co.id/M. Ali. Wafa

VIVA – Badan Klimatolgi dan Geofisika atau BMKG memprediksikan akan terjadi hujan lebat pada Natal dan pergantian tahun 2018. Kepala BMKG, Dwikortika Karnawati mengatakan, hal ini dikarenakan suplai massa udara lembab dari Samudera Pasifik dan Daratan Asia serta dari Samudera Hindia yang terakumulasi di wilayah Kepulauan Indonesia. 

BNPB Turun Langsung Tangani 9 Wilayah di Jateng Berstatus Tanggap Darurat Bencana

"Sehingga sangat intensif penyebab tingginya potensi hujan lebat di wilayah Indonesia," kata Dwikortika dalam keterangan yang diterima VIVA di Jakarta, Senin, 18 Desember 2017. 

Untuk itu, masyarakat perlu mewaspadai hujan-lebat menjelang natal 19-23 Desember 2017 yang bakal terjadi di wilayah Aceh bagian Barat, Pesisir Selatan Sumatera, Banten, Pesisir Utara Jawa, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat dan sebagian lagi di daerah Nusa Tenggara Timur. 

Mengenal Badai Siklon Tropis, Penyebab Cuaca Ekstrem di Indonesia

Sementara itu, kata dia, dalam periode Natal 24 hingga 26 Desember 2017 diprediksi hujan sedang-lebat terjadi di Pesisir Selatan Sumatera Utara, Sumatera Barat, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tengah dan Papua bagian Tengah. 

"Menjelang tahun baru 2018, 26-31 Desember 2017 potensi hujan sedang-lebat terjadi Pesisir Utara Jawa, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tenggara dan Maluku," katanya. 

Pagi Hari Langit Jakarta Mendung, Hujan Ringan Bakal Mengguyur

Sedangkan, pada awal tahun 1 hingga 7 Januari 2018, konsentrasi hujan dengan intensitas sedang-lebat terjadi di Aceh, Pesisir Barat Sumatera, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimatan Timur, Kalimatan Utara, Sulawesi Tengah dan Nusa Tenggara Timur.

Ilustrasi badai.

Tropical Cyclone: Knowing Cause of Indonesian Extreme Weather

The Meteorology, Climatology, and Geophysics Agency (BMKG) has detected the emergence of three tropical cyclone seeds in the Indonesian region.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024