Kata Syafii Ma'arif Soal Ucapan Selamat Natal

Ahmad Syafii Maarif atau Buya Syafii
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Rahmat

VIVA – Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Ma'arif tidak mempermasalahkan jika ada umat Islam yang memberi ucapan perayaan hari natal. 

Momen Ganjar Tengok Perayaan Natal di Asrama Mahasiswa Papua

Hal ini diutarakan Syafii menanggapi polemik setiap menjelang perayaan natal perihal pemberian ucapan selamat natal. "Bagi saya tidak apa. Saya sudah puluhan tahun mengucapkan. Tidak ada masalah dan biasa saja," katanya di gedung PPATK, Jalan Ir. Juanda, Jakarta Pusat, Selasa, 19 Desember 2017.

Menurut Buya Syafii, sapaan akrab Syafii Ma’arif, ucapan selamat hari raya agama lain adalah bentuk menghargai sesama pemeluk agama. Bahkan, ia menyebutkan, para ulama di Mesir memperbolehkan seorang muslim mengucapkan selamat hari natal.

Pesan Natal Paus Fransiskus: Dialog untuk Sembuhkan Dunia

"Di Mesir itu ulamanya membolehkan semua masa di sini tidak boleh. Marilah kita saling memahami, menghormati, menghargai. Kalau pakai teologi sempit dunia ini makin kacau," ujarnya.

Selain itu, ia juga tidak mempermasalahkan penggunaan atribut perayaan natal. Buya menegaskan, hal yang terpenting adalah seseorang tidak mengikuti ibadah agama yang lain.

Begini Cara Wali Kota Malang Deteksi Kerumunan Agar Tak Kena Covid

"Tidak ada masalah kalau saya. Saya dianggap kaum liberal kelompok sana terserah yang penting tidak ikut ibadahnya," ujarnya. (ase)

Ahmad Syafii Maarif.

Kena Serangan Jantung Ringan, Buya Syafii Dirawat di Rumah Sakit

Buya Syafii sudah dua minggu menjalani perawatan di RS karena penyakit yang dideritanya. Ia diharuskan beristirahat total dan tidak boleh dijenguk.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022