NII

Tifatul: Ustad Hilmi Beda dengan Ayahnya

Hilmi Aminuddin, Tifatul Sembiring, Hidayat Nur Wahid dan Salim Segaf Al Jufri
Sumber :
  • Antara/ Ujang Zaelani

VIVAnews - Mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Tifatul Sembiring mengklarifikasi kaitan Ketua Dewan Syuro PKS Hilmi Aminuddin dengan gerakan Negara Islam Indonesia (NII). Menurut Tifatul, Ustad Hilmi sangat berbeda dengan ayahnya, Danu Muhammad Hasan. Tak lain, Danu adalah salah satu panglima militer Maridjan Kartosoewirjo, pencetus gerakan Darul Islam (DI) atau cikal bakal NII.

"Betul itu. Danu Muhamad itu bapaknya, almarhum, kan sudah meninggal," kata Tifatul Sembiring di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu, 11 Mei 2011.

Tifatul pun mengisahkan sejarahnya. Menurut dia, saat itu gerakan Kartosoewirjo melalui Darul Islam sempat ikut bertempur melawan dan mengusir penjajah. Setelah penjajah pergi, lanjut Tifatul, Darul Islam memprotes Bung Karno.

"Karena Soekarno lebih mementingkan politik mercusuar. Daerah-daerah terbengkalai," ujar Tifatul.

Tifatul mengaku mulai kenal Ustad Hilmi sekitar tahun 1981 saat berorganisasi di Pelajar Islam Indonesia (PII). Hubungan keduanya sangat dekat dan erat. Bahkan, Tifatul menganggap Ustad Hilmi sebagai gurunya. Maka itu, dia mengaku berang ketika Ustadi Hilmi dikait-kaitkan dengan gerakan NII.

Tifatul menegaskan, Hilmi Aminuddin adalah sosok yang sangat berbeda dengan ayahnya. Meski ayahnya merupakan panglima militer Kartosoewirjo, tidaklah otomatis Ustad Hilmi jadi seperti ayahnya. Tidak hanya itu, kata Tifatul, Ustad Hilmi juga bukan lulusan Mesir melainkan Madinah, Arab Saudi.

"Orang ini kadang-kadang tidak melihat biodata orang. Main tuduh saja kalau Beliau Ikhwanul Muslimin," kata Tifatul.

SKK Migas: Komersialisasi Migas Harus Prioritaskan Kebutuhan Dalam Negeri

Didirikan sejak tahun 1920-an, Ikhwanul Muslimin dikenal merupakan organisasi muslim yang sangat konservatif.

Menurut Tifatul, Ustad Hilmi justru selalu mengajarkan bahwa metode terbaik adalah penggabungan harakah (pergerakan) dengan tarbiyah (pendidikan). Selama berguru dengan Ustad Hilmi, Tifatul tidak pernah sekalipun mendngar soal NII dari Ustad Hilmi.

Pengaitan nama Ustad Hilmi dengan NII awalnya diungkapkan mantan Menteri Negara Islam Indonesia (NII), Imam Supriyanto. "Cerita senior saya, ketika Danu ditangkap, anaknya (Hilmi) dikirim belajar ke Mesir, Al Azhar, agar tidak ikut terlibat," kata Imam dalam diskusi di DPR, Kamis, 5 Mei 2011.

Ilustrasi tagian listrik PLN membengkak.

Tarif Listrik April-Juni 2024 Diputuskan Tidak Naik

Kebijakan tidak menaikan tarif listrik pada April-Juni 2024 merupakan upaya pemerintah dalam menjaga daya beli masyarakat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024