18 Parpol Tak Lulus Verifikasi KPU Jawa Barat

Ketua Umum Partai SRI, D Taufan (kiri), pengusung Sri Mulyani
Sumber :
  • VIVAnews/Syahrul Ansyari

VIVAnews – Rapat pleno terbuka KPU Jawa Barat mengenai rekapitulasi hasil verifikasi faktual partai politik memutuskan 18 parpol tak lolos verifikasi faktual di Provinsi Jawa Barat.

“Kedelapan belas parpol itu dinyatakan tidak bisa ikut Pemilu 2014,” kata Ketua KPU Jawa Barat, Yayat, di Bandung, Kamis 3 Januari 2013. Apabila belasan parpol itu ingin tetap mengikuti Pemilu 2014, maka mereka harus mengikuti proses verifikasi ulang di tingkat provinsi sampai kabupaten/kota sesuai mandat Dewan Kehormatan Penyelenggaran Pemilu (DKPP).

Yayat mengatakan, ada beberapa alasan kenapa 18 parpol itu tidak lolos verifikasi di Jabar. Pertama, parpol tidak memenuhi syarat minimal 75 persen keanggotaan di setidaknya 20 kabupaten/kota di Jawa Barat. Total kabupaten/kota di Jabar berjumlah 26.

Kedua, parpol tidak memenuhi syarat keanggotaan minimal 1.000 orang per kabupaten/kota. Ketiga, tidak memenuhi syarat 30 persen keterwakilan perempuan dalam kepengurusan parpol. Keempat, parpol memiliki alamat kantor palsu. Kelima, parpol memiliki kepengurusan yang tidak lengkap.

Kedelepan belas parpol yang tidak lolos verifikasi KPU Jawa Barat itu antara lain Partai Bhinneka Tunggal Ika Indonesia (PBI), Partai Damai Sejahtera (PDS), Partai Kedaulatan, Partai Kongres, Partai Nasional Indonesia Marhaen (PNI-M), Partai Nasional Republik (Nasrep), Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI), Partai Republik, dan Partai Serikat Rakyat Independen (SRI).

KPU Jabar menyatakan, sesungguhnya Partai SRI dan Partai Nasrep hampir memenuhi seluruh syarat verifikasi. Sayangnya, kedua partai itu hanya memenuhi 69 persen keanggotaan dari minimal 75 persen keanggotaan di 20 kabupaten/kota di Jawa Barat seperti yang disyaratkan. (ren)

Terdakwa Yosep Subang Diadili Bunuh Istri dan Anak Demi Uang, Korban Dibacok Pakai Golok
Sapi Albino Ko Muang Phet.

Kerbau Albino Diundang ke Gedung Pemerintah, Harganya Rp7,8 Miliar

Kerbau albino bertubuh besar ini bernama Ko Muang Phet, terkenal di kalangan peternak Thailand sebagai hewan pejantan. Tingginya 1,8 meter dan berusia empat tahun.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024