Raih Simpatik, Jatim Suguhkan Caleg Artis

Sidang KPU
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur, hingga Senin sore, 22 April 2013, mencatat sebanyak 12 partai politik telah menyerahkan daftar calon sementara berjumlah 100 orang untuk maju di Pemilu Legislatif 2014.
Masa Penahanan Siskaeee Diperpanjang Polisi

Hanya ada satu parpol, yakni Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) yang menyerahkan pendaftaran calegnya berjumlah 76 orang, 21 nama di antaranya perempuan.
Pria Ini Belajar Mengemudi Bermodal Lihat Youtube, Hasilnya Mobil Hancur Tabrak Tembok

Untuk hari ini, ada tujuh parpol yang menyerahkan bakal calegnya. Yakni, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), dan Partai Bulan Bintang (PBB). Sesuai jadwal, pendaftaran bakal calon legislatif kemudian ditutup pukul 16.00 WIB.
Netizen Kritik Adab Nagita Slavina Kasih Bekas Makanan dari Gigitannya ke Karyawan RANS

"Pendaftar terakhir adalah dua parpol, yakni dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Bulan Bintang Jatim, dan dari Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) PKPI Jatim," kata Ketua KPU Jatim, Andri Dewanto.

Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar menyebut, kader dari partainya sesuai ketentuan KPU. Yakni, dari 100 orang calon yang didaftarkan, 30 persennya adalah caleg perempuan.

"Mereka relatif masih muda, yang usia sepuh hanya dua atau tiga orang. Ini artinya, kaderisasi di PKB berjalan dengan baik," kata Abdul Halim Iskandar atau Gus Halim.

Sementara itu, PKB menargetkan meraih 31 kursi legislatif. Itu lanjut Halim, sesuai keinginan PKB untuk mewujudkan kemenangan seperti yang diraih partainya di pileg tahun 1999 silam.

Sebagai maskotnya, PKB menyuguhkan artis dan penyanyi wanita, yakni Puri Rahayu yang juga menjabat Ketua Persatuan Artis Musik Melayu Indonesia (PAMMI) Jatim untuk posisi daerah pemiliham (dapil) satu DPRD Jatim. Dan, untuk caleg DPR-RI nya yang asal Jatim adalah artis Arzetti Bilbina.

Hal yang sama juga dilakukan PAN. Sebagai strategi dan mendulang suara kemenangan Partai Matahari Bersinar itu memasang artis dan komedian Eko Patrio untuk dapil elapan, yakni daerah pemilihan Mojokerto, Jombang, Nganjuk, dan Madiun.

Sementara itu, untuk DPR-RI, dipasang artis Hengky Kurniawan di dapil enam, Blitar, Tulungagung, dan Kediri. Serta penyanyi Anang Hermansyah di dapil empat Jatim, meliputi Jember dan Lumajang.

Dari 100 caleg, 39 di antaranya perempuan, mereka dari kalangan pengusaha, ahli hukum, pendidik, termasuk sejumlah kader lama.

"Caleg lainnya adalah tokoh masyarakat, pengusaha, dan pengacara. Dengan komposisi kader dan non kader 60 banding 40," jelas Sekretaris DPW PAN Jatim Kuswiyanto yang juga maju sebagai caleg dapil sembilan Jatim untuk kursi DPR.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya