DPR: Apa Inggris Senang Jika RI Buka Kantor Perwakilan Irlandia Utara?

Ilustrasi/Pergerakan kampenya Papua merdeka
Sumber :
  • 1.bp.blogspot.com

VIVAnews – Pembukaan kantor Free West Papua di Oxford, Inggris, membuat parlemen Indonesia berang. Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso meminta pemerintah Indonesia melayangkan protes keras kepada Perdana Menteri Inggris David Cameron dan Ratu Inggris Elizabeth II.

Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso mengatakan, Inggris sendiri masih punya masalah dengan Irlandia Utara. “Apakah mereka senang jika Indonesia memprakarsai pembukaan kantor Irlandia utara di Jakarta?” kata Priyo di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin 6 Mei 2013.

Oleh sebab itu DPR meminta Inggris untuk menghormati Indonesia. “Saya tidak senang dan tidak nyaman dengan sikap Inggris itu. Kebanggaan kita kepada Inggris runtuh seketika,” kata Priyo. Namun ia tak sepakat jika Indonesia sampai harus menurunkan derajat hubungan diplomatiknya dengan Inggris.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri RI Marty Natalegawa har ini ini memanggil Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Mark Canning. Kepada Natalegawa, Dubes Canning mengatakan sangat paham isu Papua sangat sensitif bagi Indonesia sehingga pemerintah RI amat prihatin atas situasi yang ada di Inggris.
 
Canning mengatakan, posisi pemerintah Inggris dalam isu ini cukup jelas, yaitu tetap menghormati integritas wilayah Indonesia dan tidak mendukung seruan-seruan untuk memerdekakan Papua. “Kami menghargai Papua sebagai bagian dari Indonesia. Hal ini sudah menjadi pandangan kami. Perkembangan terakhir (tentang dibukanya kantor Free West Papua di Oxford) sama sekali tidak ada hubungannya dengan pemerintah Inggris,” kata dia.

Inggris mendukung usaha-usaha pemerintah RI yang berusaha mengatasi masalah-masalah Papua. “Inggris berharap Papua mendapatkan kesejahteraan, stabilitas, serta perdamaian yang sama seperti provinsi lainnya di Indonesia,” kata Canning.

“Saya juga mengemukakan pandangan ini kepada Gubernur Papua Bapak Lukas Enembe ketika bertemu beliau minggu lalu. Kami yakin pemerintah Indonesia berkomitmen penuh dalam mengatasi masalah-masalah di Papua,” ujar Canning.

Baca juga:

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP
Xabi Alonso

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Keinginan Liverpool mendatangkan Xabi Alonso untu musim depan nampaknya menjadi semakin kecil. Karena dikabarkan pelatih asal Spanyol itu mau bertahan di Bayer Leverkusen

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024