Lembaga Sandi Negara Jamin Keamanan Data Pemilu

Kepala Sandi Negara Mayjend TNI Djoko Setiadi
Sumber :
  • Antara/ Regina Safri
VIVAnews - Kepala Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) Mayor Jenderal TNI Djoko Setiadi, Selasa 24 September 2013, menjamin keamanan data Pemilu 2014 mendatang. Djoko memastikan bahwa semua perolehan hasil dari tempat pemungutan suara (TPS) akan mereka kirim melalui jalur yang paling aman.
Toyota Fortuner Hybrid Sudah Ada di Diler, Segini Harganya

"Tidak akan disadap, di-hack, dimanipulasi, dan diubah-ubah karena jumlah itu penting sekali. Jadi, hasil perolehan di titik TPS harus sama dengan yang sampai di pusat. Itu yang kami jaga," kata Djoko usai penandatanganan kesepakatan dengan KPU di Gedung KPU, Jakarta.
Heboh Warga Dubai Asyik Main Jet Ski saat Kebanjiran, Warganet: Baru Mau Kirim Mi Instan

Djoko mengungkapkan, dokumen yang mereka amankan mencakup keseluruhan hasil pemilu, yaitu bisa berupa voice atau video. Selain itu, mereka akan menjaga keamanan surat suara atau C1.
Film 13 Bom Raih Penghargaan Internasional, Sutradara Angga Sasongko Bangga

"Itu masuk pengamanan fisik, kami mengutamakan konten dari titik ke titik (TPS) supaya surat suara tidak digandakan sebelum pemungutan suara," tuturnya.

Tak hanya itu, Djoko juga akan turut mengamanan Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) KPU termasuk data center. Menurutnya, data center adalah salah satu konten KPU yang paling rawan.

"Waktu 2009, ada nama partai berubah, jumlah perolehan berubah, data tidak sama. Itu kami jaga. Jadi, kontennya kami jaga, sesuai dengan aslinya," ujarnya. (umi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya