Peta Kekuatan Caleg 2014 Dapil Sumatera Barat II

PSSI Rayakan Ulang Tahun Ke-83
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy
VIVAnews - Satu lagi daerah pemilihan yang berada di Sumatera Barat adalah dapil Sumatera Barat II. Di dapil ini terdapat 8 kabupaten atau kota yang siap didatangi oleh para caleg saat masa kampanye jelang pemilu legislatif mendatang.
Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

8 Kabupaten atau kota tersebut antara lain Padang Pariaman, Agam, Lima Puluh Kota, Pasaman, Pasaman Barat, Kota Bukittinggi, Kota Payakumbuh, dan Kota Pariaman.
Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia

Enam kursi akan diperebutkan para caleg dari masing-masing partai politik ini. Caleg yang bertarung di dapil Sumatera Barat II terdiri dari caleg-caleg incumbent yang kembali maju semua, dan caleg-caleg baru. Mantan pelatih sebakbola Indonesia Nil Maizar juga ikut meramaikan bursa caleg di dapil Sumatera Barat II ini. 
Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi

Profil caleg yang terdaftar di dapil Sumatera Barat II ini antara lain sebagai beriku.

1. Nil Maizar

Kegagalannya membawa timnas Indonesia di Piala AFF 2012 membuat Nil Maizar memutuskan untuk maju sebagai calon anggota legislatif di Pemilu 2014 mendatang. Walaupun baru di dunia politik, Nil Maizar melalui Partai Nasdem mantan pemain dan pelatih Semen Padang ini mendapatkan nomor urut 3 untuk daerah pemilihan Sumatera Barat II.

Dikenal lebih banyak di bidang sepakbola, karirnya antara lain adalah sebagai pemain dan pelatih di Semen Padang, di musim perdananya Nil Maizar berhasil membawa Semen Padang ke posisi empat besar Liga Super. Prestasinya ini membuat PSSI menjadikan dirinya sebagai pelatih dari timnas Indonesia. Turnamen pertama yang ia jalani sebagai pelatih timnas adalah Piala Internasional Palestina 2012 dan dilanjutkan dengan Piala AFF tahun 2012.

2. H. Refrizal

Refrizal adalah Anggota DPR periode 2009-2014 lahir di Padang 20 Agustus 1959. Di periode ini Refrizal ditempatkan di Komisi IV yang membidangi masalah pertanian, perkebunan, kehutanan, kelautan, perikanan dan pangan. Di samping itu ia juga bertugas sebagai Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga DPR RI.  Ia juga pernah menjadi Anggota DPR di periode 2004-2009. Anggota Majelis Syuro dan MPP PKS tahun 2005-2010 ini kembali maju sebagai caleg dari PKS untuk dapil Sumatera Barat II, ia maju dengan memakai nomor urut 2. 

3. H. Nudirman Munir, SH,MH

Keberhasilannya memperoleh kursi di DPR periode sekarang lewat dapil Sumatera Barat II, membuat Partai Golkar kembali mengusungnya untuk menjadil caleg di dapil yang sama dan ia berada pada nomor urut 2. Anggota Komisi III dan pemilik firma hukum Nudirman Munir & Associates ini menyelesaikan pendidikan S1 hukumnya di Universitas Indonesia dan melanjutkan pendidikan S2 di Sekolah Tinggi Ilmu Hukum IBLAM di tahun 2012. Sampai tahun 2015 mendatang, Nudirman Munir aktif menjadi Ketua Bakumham MKGR, Ketua bidang Hukum & HAM & Advokasi MPP ICMI, dan menjadi Wakil Ketua Departemen Hubungan Antar Lembaga DPP Golkar.

4. Roosdinal Salim

Tokoh muda dari Partai Golkar ini bernama lengkap Roosdinal Rhamdani Salim, ia lahir tanggal 17 Desember 1966 di Jakarta. Roosdinal Salim merupakan putra dari Emil Salim seorang  ekonom yang pernah menjabat menteri ekonomi dan lingkungan hidup pada masa Orde Baru. Meraih gelar Sarjana Ekonomi dari University of Houston, Texas, Amerika Serikat pada tahun 1993, Roosdinal menjadi Asisten Manager Logistik PT. Freeport Indonesia pada tahun 1994 sampai 1995. Di Partai Golkar ia pernah menjadi Anggota Pokja PP DPP Partai Golkar, dan sekarang melalui partai berlambang pohon beringin ini, Roosdinal menjadi caleg nomor urut 4 untuk daerah pemilihan Sumatera Barat II.

5. Drs. Endang Irzal, AKT,MBA

Endang Irzal adalah seorang ekonom dan profesional Indonesia yang pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Semen Padang dari tahun 2005 sampai 2010. Sebelum berkiprah di PT. Semen Padang, Endang Irzal berkarier di PT. Indosat, jabatan terakhir yang diembannya adalah Chief Accountant atau General Manager.

Selesai menjabat di PT. Semen Padang, Endang Irzal yang pernah jadi calon Gubernur Sumatera Barat ini sekarang menjadi wiraswasta/konsultan manajemen di Jakarta. Ia memperoleh gelar MBA dari IPMI Jakarta tahun 1992, sebelumnya ia menamatkan pendidikan S1 di Universitas Airlangga Surabaya. Penghargaan yang pernah ia dapatkan antara lain 6 tokoh pembina pers terbaik Sumateta Barat dan 10 tokoh terbaik Sumatera Barat versi Majalah Tablooid Publik. Pemilu Legislatif 9 April mendatang nama Endang Irzal berada pada nomor urut 2 mewakili Partai Gerindra untuk daerah pemilihan Sumatera Barat II.

6. Ir. H. Mulyadi

Tahun 2009 lalu, Mulyadi merupakan anggota DPR terpilih di pemilu legislatif melalui Partai Demokrat. Saat ini, Mulyadi kembali maju melalui partai dan dapil yang sama untuk menjadi caleg dengan nomor urut 2. Di DPR ia dipercayai untuk menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi V semenjak tahun 2009 sampai dengan sekarang sedangkan di Demokrat ia menjadi pimpinan untuk mengurus Divisi Hubungan Eksternal, Luar Negeri dan LSM, serta pernah menjadi Wakil Sekretaris Fraksi Partai Demokrat. Di organisasi lain Mulyadi menjadi Dewan Pembina Persatuan Konsultan Indonesia (PERKINDO) semenjak tahun 2012 sampai dengan sekarang. 

7. H. Taslim, S.Si

Taslim Chaniago adalah nama lengkap dari Anggota DPRD Sumatera Barat tahun 2004-2009 ini. Di partai yang mengusungnya yaitu PAN, Taslim menjadi caleg incumbent di pemilu 2014 dengan nomor urut 1 untuk daerah pemilihan Sumatera Barat II. Sejumlah jabatan di PAN pernah dipercayai kepadanya, antara lain Ketua DPP BM PAN Jakarta, Ketua DPW BM PAN, serta Bendahara dan Wakil Ketua DPW PAN Sumatera Barat. Di legislatif, Taslim duduk sebagai Anggota Komisi III yang membawahi bidang Hukum, Keamanan, dan HAM. Namanya dikaitkan dengan terungkapnya kasus tuduhan korupsi pada rekan sesama partai yaitu Wa Ode Nurhayati.

8. Raden Nuh SIP, SH

Disebut-sebut sebagai admin dari akun Twitter kontroversial @TrioMacan2000, Raden Nuh menjadi caleg dari Partai Hanura dengan nomor urut 2 dari dapil Sumatera Barat II. Setelah mendapatkan gelar Sarjana Hukum dari Universitas Azzahra Jakarta, Raden Nuh melanjutkan pendidikan Magister Hukum Bisnis di Universitas Pancasila. Pekerjaan yang pernah ia geluti antara lain menjadi Direktur Utama PT. Asuransi Berdikari, Wakil Direktur Utama PT. Asuransi Indo Trisaka, dan Direktur PT. Asuransi Periskop. Sejumlah tweet dari @TrioMacan2000 ini suka membongkar skandal dan korupsi petinggi dan menyerang beberapa pejabat negara.

Laporan: Meisyanti Hutagaol
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya