Survei: Demokrat, Parpol Paling Tidak Disukai

SBY kampanye partai Demokrat di Tulungagung
Sumber :
  • Biro Pers Istana/Abror Rizki
VIVAnews -
Namanya Masuk Bursa Cagub DKI, Heru Budi: Pak Arifin Satpol PP Juga Berpotensi
Survei Charta Politika Indonesia, Rabu, 26 Maret 2014, mencatat ada empat partai politik yang paling konsisten memberantas korupsi. Partai itu antara lain, PDI Perjuangan (17,6 persen), Partai Golkar (11,4 persen), Partai Gerindra (9,5 persen), dan Partai Demokrat (9 persen).

Kubu Ganjar-Mahfud Ingin Suara Prabowo-Gibran Nol, Begini Kata KPU

"Sementara partai yang paling tidak disukai masyarakat adalah Partai Demokrat (17,1 persen)," ujar Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya, di Jakarta.
BI Pastikan Masyarakat di Lebaran 2024 Dapat Uang Baru


Partai Golkar, kata dia, juga tercatat sebagai partai yang paling konsisten memperjuangkan pentingnya pemerataan pembangunan.


"Sebesar 20,7 persen responden memilih Golkar sebagai partai yang memperjuangkan pemerataan pembangunan. Disusul PDIP 16,8 persen, Gerindra 9 persen, dan Demokrat 7,1 persen," ungkap dia.


Tiga calon presiden yang paling konsisten memperjuangkan pemerataan pembangunan adalah Joko Widodo (26,2 persen), ARB (11,2 persen), dan Prabowo (7,9 persen).


Sementara itu, sebanyak 51,8 persen pemilih menginginkan presiden generasi muda. "Calon presiden yang paling tidak disukai masyarakat adalah Rhoma Irama sebesar 15,8 persen," katanya.


Tanggapan Demokrat

Wakil Sekretaris Jenderal DPP Demokrat, Saan Mustopa, mengatakan sikap antipati masyarakat terhadap Demokrat terjadi karena opini negatif yang tidak terhenti selama dua tahun terakhir, serta banyaknya kader yang tersangkut kasus korupsi.


"Opini negatif tidak lepas dari konsekuensi Partai Demokrat. Sebagai partai penguasa tentu akan mendapat sorotan dibanding partai lain. Ini tantangan dan pekerjaan besar Partai Demokrat bagaimana menarik suara pemilih," ujarnya.


Menurut Saan, pekerjaan rumah Demokrat lainnya adalah mengedepankan sistem kepartaian daripada figur Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono. Selain figur utama, ada juga faktor calon legislatif.


Terkait capres Demokrat, Saan menyatakan proses konvensi masih berlangsung, dan sekitar bulan Mei baru ditetapkan capres terpilih. Saan berharap capres yang diusung partai mampu berkompetisi dengan capres partai lain.


"Kami yakin sampai 9 April mengalami kenaikan elektabilitas sesuai target yang sudah dipatok," ujar Saan. (ren)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya