Kereta Cepat Belah Hutan, DPR: Belum Ada Pembicaraan

Groundbreaking pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Cikalong Wetan, Bandung Barat, beberapa waktu silam.
Sumber :
  • ANTARA/Hafidz Mubarak A
VIVA.co.id
Soal Kereta Cepat, Menhub Budi Tak Mau Gegabah
- Wakil Ketua Komisi IV DPR Herman Kheron mengaku komisinya belum diajak bicara terkait pelepasan hutan di beberapa wilayah Jawa Barat untuk perlintasan kereta cepat Jakarta-Bandung.

Reuters Klarifikasi Berita Rini Soal Kasus Korupsi China

Namun, Herman mengatakan komisinya sempat menanyakan hal tersebut kepada pemerintah. Dan itu belum disiapkan oleh pemerintah.
Brudirect Klarifikasi Berita Rini di Kasus Korupsi China


"Kami bertanya, katanya masih melengkapi Amdal dan bagaimana dengan persepsi publik, itu pun masih belum tuntas, apalagi berkaitan alih fungsi hutan itu masih belum," ungkap Herman, Kamis 28 Januari 2016.


Herman tidak mempermasalahkan seberapa luas lahan hutan yang akan dialih fungsikan menjadi jalur kereta cepat Jakarta-Bandung. "Ini bukan bukan masalah luasan alih fungsi hutan, tapi ini masalah prosedurnya," ujar Herman.


Politisi partai Demokrat ini menambahkan hingga saat ini masih banyak alih fungsi lahan hutan yang belum selesai.


"Seperti jalan tol Jakarta-Bandung sampai Padalarang saja belum selesai alih fungsi kawasan. Cikapali juga belum selesai. Apakah harus menambah persoalan baru," ucapnya.


Herman berharap pemerintah mengikuti aturan yang ada dalam merealisasikan proyek mercusuar kereta cepat Jakarta-Bandung. Tanpa melanggar atura hukum yang ada.


"Permasalahan perizinan ini harusnya diselesaikan dulu sebelum groundbreaking. Jangan sampai kita justru terbiasa melanggar aturan yang kita buat sendiri. Jadi saya bukan dihadapkan pada setuju atau tidak," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya