Ketua MPR Dukung Reklamasi Teluk Benoa Bali

Sumber :
  • Dok.ist

VIVA.co.id - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), Zulkifli Hasan, mengaku dukung upaya reklamasi Teluk Benoa, sepanjang segala persyaratan berdasarkan peraturan perundang-undangan, utamanya Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) terpenuhi.

Menurut Zulkifli, tak melulu reklamasi membawa dampak buruk. Sebaliknya, reklamasi bisa membawa dampak positif. Setidaknya hal itu yang terjadi di Dubai, Singapura dan Amsterdam, Belanda. Bagi dia, sepanjang reklamasi membawa kemajuan bagi Bali, tentu saja ia akan mendukungnya.

Dua Petinggi Agung Sedayu Tak Hadir di Pengadilan Tipikor

"Yang penting reklamasi kalau membawa kemajuan tentu bagus kenapa tidak. Tapi, Amdalnya harus betul adanya dan bagus," kata Zulkifli saat menjadi pembicara dalam Munas Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia di Widya Padma Politeknik Negeri Bali di Jimbaran, Senin 1 Februari 2016.

Ia meminta agar masyarakat Bali bisa berfikir jernih mengenai rencana reklamasi seluas 700 hektar di Teluk Benoa itu. Ia memaparkan, reklamasi sesunggunya lazim dilakukan di beberapa negara di dunia. Singapura, Dubai, Amsterdam, Belanda adalah mereka yang sukses melakukan reklamasi.

"30 persen luas wilayah Singapura itu hasil reklamasi. Pasir kita habis untuk reklamasi Singapura. Dia makin bertambah luas daratannya," katanya.

Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) itu menyebut jika Dubai terkenal karena proyek reklamasi lantaran Palm Beach yang berada di tengah laut. Bahkan, saat ini Dubai tengah membangun lapangan tenis di dalam laut.

"Saya tiga hari di Dubai habis umroh. Saya lihat pantainya bagus banget. Yang datang wisatawannya 70 juta lebih. Tapi, mereka Amdalnya bagus dan betul-betul adanya. Saya dengar juga di Jakarta ada beberapa yang direklamasi. Itu bagus ketimbang sampah terjadi banjir akibat sedimentasi," terangnya.

Atas dasar itu, Zulkifli mengaku setuju dengan proyek reklamasi Teluk Benoa. Kendati begitu, ia menyerahkan kajian teknis tersebut kepada para pakar yang melakukan kajian.

Jaksa KPK Paparkan soal DPRD DKI Minta Uang ke Aguan

"Jika itu membawa kemajuan bagi Bali dan Amdalnya bagus, why not? Tapi kalau belum ada Amdalnya ya kita tunggu dulu sampai ada," ujarnya.

Ia sendiri mendukung reklamasi Teluk Benoa lantaran Bali wajib memiliki destinasi wisata baru. Singapura, katanya, saat ini jumlah kunjungan wisatawannya mencapai 50 juta. Sementara Dubai sudah mencapai 70 juta wisatawan.

"Bali harus ada wisata baru. Sekarang ini Bali memang sudah bagus, tapi jangan stag di sana. Harus mendunia. Kerja sama itu bagus selama aturannya dipatuhi dengan benar," ujar dia. (ren)

Ahok: Keppres Reklamasi Dicabut, Apa Enggak Konyol?
PARADE BUDAYA BALI TOLAK REKLAMASI

Pemerintah Kaji Lebih Dalam Reklamasi Teluk Benoa

Izin pelaksanaan dikeluarkan jika memiliki Analisis Dampak Lingkungan

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016