Megawati Akan Buka Try Out Serentak Masuk PTN

Megawati Soekarnoputri.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Mantan Presiden Republik Indonesia, yang juga Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri akan membuka acara Try Out Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Sabtu 21 Mei 2016.

Kekuasaan adalah Perimbangan Kekuatan yang Stabil

Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pemuda dan Olahraga, Sukur H. Nababan, mengungkapkan hal itu dalam keterangan tertulisnya, Jumat 20 Mei 2016.

Menurut Sukur, acara Try Out Nasional yang digagas PDI Perjuangan ini diikuti kurang lebih  200 ribu peserta SLTA/sederajat di 34 provinsi se-Indonesia.

Analisis Komunikasi Politik dalam Rencana Pertemuan Prabowo dengan Megawati

”Program Try Out SBMPTN, adalah bukti dan komitmen PDI Perjuangan, khususnya Bidang Pemuda dan Olahraga, pada dunia pendidikan dan generasi muda bangsa Indonesia,” ujarnya.

Langkah konkret try out ini, kata dia, juga menjadi cita-cita PDI Perjuangan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan bernegara. Try out ini bisa menjadi sarana para siswa SLTA/sederajat menghadapi SMBPTN, agar berhasil masuk PTN favorit terbaik di Indonesia.

Wacana Penundaan Pemilu 2024, Rizal Ramli: Luhut Ngetes Mbak Mega

Adapun tujuan dari try out:

1. Mempersiapkan mental dan psikologi para siswa pada saat menghadapi SBMPTN, karena suasana try out sama dengan suasana pada saat SBMPTN nanti.

2. Mempersiapkan para siswa cara pengisian data-data pribadi dan data pengisian lembar jawaban pada saat SBMPTN nanti. Karena, banyak siswa melakukan kesalahan pada saat mengisi data-data dan lembar jawaban.

3. Menjadi alat ukur para siswa mengenai kemampuan dan tujuan perguruan tinggi. Karena, kami membuat soal-soal yang terukur dan identifikasi PTN saat try out.

4. Memberikan pemahaman para siswa dalam menentukan universitas unggulan misalnya daya tampung dan grade universitas.

Menurut Sukur, program edukasi ini adalah komitmen PDI Perjuangan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dengan memfasilitasi para siswa SLTA/sederajat dalam menghadapi SBMPTN nanti.

“Karena itu, materi try out yang disajikan mirip soal yang keluar dalam SBMPTN sepuluh tahun terakhir. Semoga, try out ini menjadi motor perubahan bagi Indonesia,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya