DPR: Pangkas PNS, Jangan Sampai jadi Pengangguran

Ketua DPR RI, Ade Komarudin.
Sumber :

VIVA.co.id – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Ade Komarudin mengingatkan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi untuk berhati-hati dengan rencana rasionalisasi pegawai negeri sipil (PNS) di seluruh Indonesia.

Larang Rekrut PNS Baru, Daerah Diminta Redistribusi Pegawai

"Jangan gegabah. Kita menyetujui semua langkah efisiensi negara, tapi kita juga tidak boleh menabrak rambu-rambu kemanusiaan," kata Ade di gedung DPR Jakarta, Jumat 3 Juni 2016.

Menurut politikus Partai Golkar ini, jika pun pemerintah tetap akan melakukan rasionalisasi dengan memotong jumlah PNS. Maka kebijakan itu haruslah disertai dengan penyiapan solusi yang jelas.

Komisi II Pastikan Akan Ada Penolakan Rasionalisasi PNS

"Begitu dirasionalisasi mereka menjadi pengangguran. Jangan sampai seperti itu. Kita harus lakukan langkah-langkah yang solutif," ujarnya.

Beberapa waktu lalu, Yuddy Chrisnandi memang mengumumkan akan merumahkan satu juta PNS di berbagai lembaga pemerintahan. Ini merujuk ke jumlah ideal PNS yang harusnya berjumlah 1,5 persen dari total jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 250 juta jiwa.

Isu Ribuan PNS Dipecat, Yamaha Kena Imbas

Saat ini, total PNS di Indonesia mencapai 4,75 juta. Artinya ada kelebihan PNS sebanyak 1 juta orang. Sebab itu, pemerintah merencanakan akan merasionalisasi jumlah PNS dengan cara bertahap hingga tahun 2019.

"Dari kelebihan satu juta ini, tentu ada yang pensiun sampai dengan 2019, diperkirakan yang pensiun 520 ribu orang. Berarti, ada sekitar 500 ribu lagi," ungkap Yuddy.

menteri Asman Abnur

Nasib Rasionalisasi 1 Juta PNS di Tangan Menpan RB Baru

Rencana kebijakan itu sebelumnya digulirkan oleh Yuddy Chrisnandi.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016