Hari Lahir Sukarno, Penggemar Luncurkan Situs Web

Situs web sukarno.or
Sumber :
  • sukarno.org

VIVA.co.id – Sebagai peringatan hari lahir Presiden Sukarno pada 6 Juni 1901, sejumlah pemuda menggagas situs web yang mengulas hal-hal yang berkaitan dengan Proklamator Republik Indonesia (RI) tersebut. Situs web yang diberi nama sukarno.org sudah bisa diakses oleh publik.

Ketika Parpol Tak Lagi Bisa Jual Tokoh

"Mulai hari ini, situs tersebut sudah bisa diakses oleh publik. Segala kekurangan-kekurangannya akan kami perbaiki sambil berjalan. Semoga ini dapat memberikan manfaat," kata salah satu pengelola situs web, Ivan Faizal sebagaimana rilis yang dikirimkan kepada VIVA.co.id, Senin 6 Juni 2016.

Menurut Ivan, situs itu dipersiapkan bersama dua orang rekannya yaitu Respati Wasesa dan Budi Handoyo. Mereka bekerja membuat situs web itu karena merasa terpanggil mengingatkan soal Sukarno, sejarah dan pemikirannya kepada generasi saat ini.  

Kenangan Megawati saat Soekarno Dilempar Granat di Cikini

"Kami teman sepermainan di Pemalang, Jawa Tengah. Di perantauan, Bekasi, kami memang sering kumpul. Nah, kebetulan kami sama-sama fans Bung Karno. Ya sudah bikin saja website, kan belum ada. Kami eksplorasi semampunya apa yang kami bisa," kata Ivan.

Dijelaskan Ivan, ada beberapa konten andalan situs sukarno.org. Pertama, kumpulan artikel yang dihimpun dari berbagai sumber seperti buku dan media massa terutama media online. Untuk memudahkan pembaca, dibuat dalam kategori berita, opini, feature dan lainnya.

Konon Cuma Ada 3 di Dunia, Ini Mobil Bung Karno

"Kemudian ada sketsa Bung Karno yang kami produksi sendiri. Ada juga video dan galeri foto. Kami ingin bikin Bung Karno tetap muda di sini," katanya.

Ada pula bagian yang disebut "Dapur Sukarno" atau perpustakaan digital. Di bagian itu, pengunjung laman web bisa membaca langsung pidato-pidato dan tulisan karya Bung Karno secara gratis.

"Salah satu contoh adalah buku Di Bawah Bendera Revolusi, yang tebalnya bukan main itu. Kita tidak mungkin bebas menentengnya ke mana-mana. Tapi dengan Dapur Sukarno, kita bisa membaca," kata Ivan.

Selain itu disiapkan pula "Sukarno Maps" yaitu peta digital berisi destinasi yang berkaitan dengan Bung Karno. "Dengan Sukarno Maps" ditunjukkan tempat-tempat yang punya keterkaitan dengan Bung Karno seperti pengasingan, persinggahan, arsitektur istana dan tempat lainnya.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya