Presiden Finalisasi Nama-nama Calon Kapolri

Sekretaris Kabinet, Pramono Anung
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada saat ini memang sedang mempertimbangkan nama-nama calon kapolri (cakapolri) yang sudah disodorkan oleh berbagai pihak termasuk dari Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) dan segera dari Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) Polri. Nama calon kapolri sedang digodok Presiden menyusul Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti akan segera memasuki masa pensiun.

Jokowi Lantik Komjen Listyo Sigit Jadi Kapolri Sebelum 30 Januari

“Yang pertama Kompolnas sudah menyampaikan dan sekarang ini kami mendengar Polri sendiri sudah segera menyiapkan hasil Wanjakti untuk dikirimkan kepada Presiden,” kata Pramono di Istana Negara, Jakarta, Selasa 14 Juni 2016.

Ia mengatakan, Presiden juga mendengarkan masukan dari berbagai pihak dan mempertimbangkan suara publik untuk memilih pucuk pimpinan Polri tersebut.  

Jalankan Visi Misi Komjen Listyo, Polda Metro Siapkan 100 E-TLE

“Presiden memutuskan ini sudah pada fase-fase (akhir), terus terang Beliau sudah memanggil banyak orang, mendengarkan berbagai pihak,” kata mantan Sekjen PDI Perjuangan ini

Namun Seskab tak bersedia menyampaikan nama-nama kandidat kapolri yang sudah ada di kantong Presiden Jokowi saat ini. Sementara opsi perpanjangan masa jabatan Badrodin diakuinya juga termasuk hal yang dipertimbangkan Presiden.

Kapolri Baru Listyo Sigit Ungkap Hal Mengejutkan soal SIM

“Saya tidak mau berpolemik apakah diperpanjang atau kapolri baru karena ini domainnya sepenuhnya kewenangan Presiden. Jadi tidak perlu dipolemikkan,” katanya.

Sebelumnya DPR mendorong agar Presiden Jokowi segera mengirimkan nama calon kapolri untuk diuji kepatutan dan kelayakannya di Komisi III. Pasalnya jika memang harus melakukan perpanjangan masa jabatan kapolri, maka Presiden perlu membuat peraturan pemerintah pengganti undang undang (perppu) yang harus disusun dengan tidak terburu-buru.

Suasana saat perayaan HUT Satpam di Silang Monas beberapa waktu lalu (foto ilustrasi)

Rencana Cakapolri Buat Pam Swakarsa Ditolak, DPR: Ganti Nama Saja

Pam Swakarsa yang diusulan calon kapolri Komjen Pol Listyo Sigit berbeda dengan konsep di era Presiden Soeharto.

img_title
VIVA.co.id
26 Januari 2021