Pengamat Ungkap 2 Rahasia dalam Isu Reshuffle Kabinet Jokowi

Presiden Joko Widodo dan Menteri BUMN Rini Soemarno
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVA.co.id – Pengamat politik Ray Rangkuti menyebut, saat ini kapan perombakan kabinet masih misterius. Menurut Ray hal tersebut merupakan rahasia dari Presiden Joko Widodo.

Anak Buah Surya Paloh Bantah Isu Menteri Sekaligus Sekjen Nasdem Mau Mundur dari Kabinet

Namun, Ray menyebut ada rahasia lain Jokowi selain kapan akan terjadinya reshuffle atau perombakan. Rahasia tersebut yakni, kenapa posisi Rini Soemarno sebagai Menteri BUMN tidak tergantikan.

"Ada dua rahasia, kapan reshuffle dan kenapa Bu Rini tidak bisa diotak-atik," kata Ray dalam sebuah diskusi di kawasan Menteng Jakarta, Sabtu 23 Juli 2016.

Setelah Jokowi Marah Besar

Pada kesempatan berbeda, Peneliti Senior LIPI Syamsuddin Haris menyebut bahwa Rini termasuk tangan kanan dari Jokowi.

"Bagaimana pun Jokowi banyak obsesi, cita-citanya, butuh tangan kanan. Rini ini salah satu tangan kanannya, Menteri PU juga tangan kanannya," kata Syamsuddin.

Ari Askhara Cs Dipecat, Benarkah Loyalis Rini Soemarno Dibersihkan?

Terkait kemungkinan adanya perombakan, Syamsuddin menyebut Jokowi seharusnya sudah tidak ragu lagi dalam melakukannya. Saat ini, Jokowi telah mendapat tambahan dukungan dari PAN dan Golkar yang menyatakan diri mendukung pemerintahan.

Menurut Syamsuddin, Jokowi sudah bisa dalam melakukan perombakan. "Tidak ada lagi alasan Jokowi menunda perombakan kabinet," kata dia.

Wasekjen PPP Achmad Baidowi.

Elite PPP: Bakal Ada Reshuffle Lagi, Indikasinya Cukup Kuat

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi menyebut informasi terkait akan adanya perombakan atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menguat.

img_title
VIVA.co.id
25 Januari 2023