Politikus Teras PKS Nilai FPI Layak Dilatih Militer

Hidayat Nur Wahid.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Reza Fajri.

VIVA.co.id – Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid mempertanyakan soal prosedur bela negara. Menurutnya, aturan tersebut penting dijelaskan, setelah pencopotan Letkol Czi Ubaidillah selaku Komandan Daerah Militer, atau Dandim 06/03 Lebak, Banten oleh Pangdam III Siliwangi, karena dianggap melatih anggota Front Pembela Islam dalam konteks bela negara.

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas

"Penting untuk menyosialisasikan prosedur pelatihan bela negara itu. Ini jadi masalah, karena Undang Undang tentang bela negara itu sendiri belum dibuat. Perintah tentang bela negara memang ada di UUD, tetapi itu harus ditindaklanjuti dalam UU," kata Hidayat di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin 9 Januari 2017.

Hidayat menjelaskan, Komisi I DPR sudah berkali-kali mengusulkan, agar menteri pertahanan membuat undang undang tersebut, sehingga jelas prosedurnya, pihak yang terlibat, dan yang menjadi pelaksana.

29 Pati TNI Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

"Itu sampai hari ini belum ada," ujar politikus teras Partai Keadilan Sejahtera ini.

Dia berpendapat, bela negara sebagai kewajiban seluruh warga negara Indonesia. Hal tersebut juga berlaku bagi anggota ormas, termasuk FPI.

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

"Karena, FPI sebagai organisasi formal resmi di Indonesia dan sah. Bahkan, harus diajak, penting diajak, karena FPI bagian dari realita ormas di Indonesia yang sangat pro dengan Indonesia. FPI itu sangat mendukung NKRI, jangan lupa itu," kata dia.

Pangdam III/Siliwangi sebelumnya telah mencopot Dandim 0603 Lebak, Banten, Letkol Czi Ubaidillah, karena dianggap telah melakukan kesalahan dengan menggelar kegiatan bela negara bersama ormas FPI.

Latihan semimiliter itu dilakukan TNI dan FPI pada Kamis lalu, 5 Januari 2016, di Kecamatan Cipanas, Kabupaten Lebak, Banten. Daerah itu diketahui masuk wilayah perbatasan antara Banten dengan Bogor, Jawa Barat.

"Yang dilakukan Kodim Lebak, khususnya Koramil Cipanas itu tidak melalui SOP yang berlaku, maka Dandim Lebak saya copot," kata Mayjen Herindra, saat ditemui di Alun-alun Barat Kota Serang, Senin 9 Januari 2017. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya