INDONESIA HARI INI

25-1-1946: Daan Mogot Pimpin Taruna di Pertempuran Lengkong

Ilustrasi masa perang kemerdekaan RI.
Sumber :

VIVA.co.id – Pertempuran Lengkong adalah pertempuran yang dicatat dalam sejarah mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Pertempuran tersebut melawan pasukan Jepang di Desa Lengkong, Serpong, Tangerang Selatan pada 25 Januari 2016.

15-11-1946: Indonesia Menjadi Bagian Republik Serikat

Pada saat itu, Mayor Elias Daniel Mogot yang kemudian lebih dikenal dengan Daan Mogot, memimpin puluhan taruna Akademi Militer bersama dua orang perwira melucuti pasukan Jepang yang belum juga hengkang pascadeklarasi kemerdekaan Indonesia. Akademi Militer kala itu berpusat di Tangerang.

Namun, pada saat terjadi perlucutan senjata, terjadi perlawanan dari pihak Jepang. Baku tembak terjadi dan akhirnya jatuh korban di pihak Indonesia. Termasuk Daan Mogot serta dua perwira lainnya, Soebianto dan Soetopo, yang gugur dalam pertempuran. Daan Mogot pada saat itu masih berusia 17 tahun.

26-10-2010: Mbah Maridjan Gugur di Gunung Merapi

Peristiwa ini lalu diabadikan dengan dibangunnya Taman Makam Pahlawan di Jalan Daan Mogot yang merupakan jalan panjang yang menghubungkan Serang dan Jakarta. Selain itu didirikan pula monumen Lengkong di Serpong.

Sementara, pada tahun 2005 lalu, KSAD menetapkan tanggal 25 Januari menjadi hari Bakti Taruna Akademi Militer. (ase)

Aceh Disebut Provinsi yang Nilai Toleransinya Rendah
Ilustrasi tentara Belanda dan Jepang

24-1-1942: Pertempuran Balikpapan

Pertempuan kedua tentara penjajah itu berlangsung selama dua hari.

img_title
VIVA.co.id
24 Januari 2017