Cawagub Banten Bicara Soal Isu Komunis

Calon Wakil Gubernur Banten, Embay Mulya Syarief.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Purna Karyanto Musafirian

VIVA.co.id - Pesta Pilkada serentak di Bumi Jawara Banten dipanaskan dengan merebaknya isu komunisme. Tuduhan PKI dialamatkan kepada pasangan nomor urut dua, Rano Karno-Embay Mulya Syarief.

Keturunan PKI Boleh Masuk TNI, Begini Penjelasan Jenderal Andika Perkasa

"Saya ini ketua gerakan anti komunis di Banten sejak 2002, Pak Haji Oni (teman karib Embay) itu ketua Barisan Rakyat Anti Komunis di Banten. Jadi kalau mereka (penyebar fitnah) menuduh mau perang sama komunis, tunjukkan, siapa yang komunis itu. Akan berhadapan dengan saya," kata Embay, saat ditemui VIVA.co.id, belum lama ini.

Sebagai kiai, jawara, dan pendiri Provinsi Banten, setiap tahun rutin melaksanakan apel penanggulangan komunisme di Alun-alun Kota Serang. Bahkan, memutar video G30S di stasiun televisi lokal guna mencegah kebangkitan komunisme di Indonesia.

Mahfud MD Tegaskan Presiden Jokowi Tidak Pernah Meminta Maaf ke PKI

"Jadi asal, jangan salah ngomong gitu. Dalam suatu orasi dia (kompetitornya di Pilkada) bilang mau perang sama komunis. Suruh berhadapan sama saya. Tuduhan itu, buktikan siapa yang komunis di Banten itu," tegas pria yang aktif di MUI Banten selama 20 tahun ini.

Munculnya isu komunisme di Banten juga membuat mantan ketua KPK, Antasari Azhar, angkat bicara. Dia meminta siapapun yang memulai untuk membuktikannya sesegera mungkin.

William Liddle: Partai Politik Tak Sumbangkan Banyak Kesejahteraan RI

"Itu sudah keterlaluan dong. Beliau (penyebar isu komunisme) bisa pastikan enggak (Rano-Embay Komunis)? Kalau itu hanya dibuat untuk mengupayakan dia menang Pilkada, kan enggak elegan itu. Sudah mulai dewasalah kita menghadapi persoalan," kata Antasari.

Jepretan layar (screenshot) sebuah unggahan Youtube yang mengklaim Anies Baswedan didukung oleh PKI disertai foto Kapolri Listyo Sigit Prabowo tengah menunjukkan bukti video dukungan PKI kepada Anies.

Cek Fakta: Video PKI Dukung Anies

Sebuah unggahan Youtube mengklaim Anies Baswedan didukung oleh PKI disertai foto Kapolri Listyo Sigit Prabowo tengah menunjukkan bukti video dukungan PKI kepada Anies.

img_title
VIVA.co.id
30 Agustus 2023