INDONESIA HARI INI

21-02-1966: Soekarno Umumkan Reshuffle Kabinet Dwikora

Kabinet Dwikora yang Disempurnakan
Sumber :
  • wikipedia.org

VIVA.co.id – Hari ini tahun 1966 silam, Presiden Soekarno mengumumkan pembentukan kabinet baru yang disebut dengan Kabinet Dwikora II sebagai hasil perombakan atau reshuffle Kabinet Dwikora. Namun kabinet ini oleh sebagian pihak juga disebut Kabinet 100 Menteri.

Patung Bung Karno Tertinggi di Dunia Berdiri di Semarang

Para anggota Kabinet Dwikora II dilantik pada tanggal 24 Februari 1966, tiga hari setelah diumumkan kepada publik. Kabinet ini masuk dalam periode era Demokrasi Terpimpin Presiden Soekarno, proklamator kemerdekaan tersebut.

Soekarno sebagai Presiden juga merangkap sebagai Perdana Menteri. Presiden Soekarno juga Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata, Mandataris MPRS dan disebut juga sebagai Pemimpin Besar Revolusi.

Rumah Tempat Lahir Bung Karno Jadi Wisata Edukasi, DPRD Mendukung

Sementara itu Soekarno mengangkat sejumlah perdana menteri yakni Subandrio dengan Sultan Hamengkubuwono IX sbagai ad-interim, J Leimena, Chaerul Saleh dengan ad-interim Adam Malik dan Roeslan Abdulgani.

Setelah Dwikora II, selanjutnya Soekarno membentuk Kabinet Dwikora III, Ampera I dan Ampera II. Namun setelah tampuk kepresidenan beralih ke Soeharto, Presiden Indonesia kedua itu membentuk Kabinet Pembangunan. Kabinet itu sebagai salah satu tanda dimulainya rezim Orde Baru.

Ahli Waris Serahkan Rumah Kelahiran Bung Karno ke Pemkot Surabaya
Pidato Presiden Soekarno dengan kata-kata 'Ganyang Malaysia'

Jelang Laga Panas, Kenali Awal Mula Istilah 'Ganyang Malaysia'

Rivalitas tinggi senantiasa tersaji dalam duel Timnas Indonesia melawan Malaysia. Tak jarang, isu politik membuat pertemuan kedua tim selalu panas.

img_title
VIVA.co.id
19 Desember 2021