RUU Pemilu Ditargetkan Selesai Akhir Mei

Salah satu suasana saat pembahasan RUU Pemilu di DPR.
Sumber :
  • Antara/Wahyu Putro A

VIVA.co.id - Wakil Ketua Komisi II DPR, Ahmad Riza Patria, mengatakan, pembahasan RUU Pemilu akan ditambah lagi masa sidangnya. Targetnya akan selesai pada akhir Mei.

Demokrat Tetap Mendesak Bahas Revisi UU Pemilu

"RUU Pemilu semula memang dijadwalkan 28 April. Namun, karena UU Pemilu penggabungan dari tiga UU, rasanya berat kalau kami paksakan dua masa sidang," kata Riza di Gedung DPR, Jakarta, Selasa 25 April 2017.

Ia menjelaskan, pansus RUU Pemilu bisa saja memaksakan diri untuk menyelesaikan pada April. Tapi, mereka tak ingin memaksakannya.

DPR Tetapkan 33 RUU Masuk Prolegnas Prioritas 2021, Tak Ada RUU Pemilu

"Kami khawatir masih ada masalah di kemudian hari yang timbul. Karena ada 3.055 daftar inventarisasi masalah (DIM), sudah 2.500 DIM kurang lebih. 500 DIM akan kami selesaikan dalam 1-2 minggu ini," kata Riza.

Dalam merampungkan RUU ini, ia ingin isinya lebih baik. Sebab, sangat menyangkut nasib partai yang ada di parlemen. Ia memastikan mundurnya penyelesaian RUU ini tidak akan mengganggu tahapan pemilu.

UU Pemilu Tidak Masuk Prolegnas, PKS Ngotot Direvisi

"Karena tahapan pemilu sudah kami sampaikan idealnya16-18 bulan. Usulan pemerintah 18 bulan. Jadi kalau tahapan itu ada 18 bulan, maka ini masih jauh dari waktu yang disepakati," kata Riza.

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman

Ketua MK Sebut UU Pemilu dan UU Cipta Kerja Paling Sering Digugat

Ada sebanyak 48 undang-undang yang yang dimohonkan pengujiannya di MK tahun 2021. UU Pemilu dan UU Cipta Kerja paling banyak digugat

img_title
VIVA.co.id
10 Februari 2022