Golkar Siap Sodorkan Kadernya Jadi Cawapres Jokowi 2019

Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVA.co.id – Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Idrus Marham, membuka peluang bagi partainya untuk menyodorkan nama calon Wakil Presiden berpasangan dengan Joko Widodo di Pemilu Presiden 2019. Dia mengakui aspirasi itu memang sudah muncul sejak Rapat Pimpinan Nasional atau Rapimnas tahun 2016 lalu.

Ular Sanca Panjang 5 Meter Ditemukan di Kali Grogol

"Apakah kader Golkar terbuka peluang? Di dunia politik peluang itu pasti ada tapi kita tak bisa mendahului," kata Idrus di arena Rapimnas, Hotel Novotel, Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa 23 Mei 2017.

Salah satu aspirasi yang muncul adalah dari Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie, yang meminta agar Cawapres Jokowi adalah dari kader Golkar. Idrus memastikan Golkar akan mengkomunikasikan pikiran itu dengan Presiden Jokowi.

Bambang Soesatyo: Susunan DPP Golkar Belum Final, Masih Ada Perbaikan

"Bahwa ada aspirasi seperti ini. Tindak lanjut komunikasi ini akan kita serahkan ke proses politik ke depan," kata dia.

Menurut Idrus, Rapimnas Golkar 2016 sudah menetapkan Jokowi sebagai Capres 2019. Saat itu, aspirasinya adalah, untuk penentuan cawapres, mereka mempersilakan Jokowi melakukan penjaringan atau seleksi sekaligus komunikasi politik untuk selanjutnya dibicarakan ke partai pendukung 2019 nanti termasuk Partai Golkar. "Itulah mekanisme yang kita tempuh di PG," ujar dia.

Rektor Pakuan: Klaim Menang Pilpres 2019 Agar Disikapi Hati-hati

Mengenai peluang dari Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto, untuk menjadi cawapres, Idrus juga tidak menutup kemungkinannya. "Jadi saya kira semua ini bisa. Tapi ini bisa terjadi semua," kata Idrus.

Namun, Idrus menyampaikan sejumlah syarat. Pertama, komunikasi Golkar dengan Jokowi ke depan harus dilakukan lebih intensif, dan produktif untuk menjamin kemenangan mereka pada 2019 dengan lebih spektakuler.

Kedua, pasangan di periode kedua itu dapat memberikan jaminan pada Jokowi mencapai target dan program segaimana dituangkan di dalam visinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya