Tiga Wejangan Khusus Habibie untuk Sandiaga Uno

Wakil Gubernur DKI Jakarta Terpilih Sandiaga Uno.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA.co.id – Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih, Sandiaga Uno melakukan salat tarawih di kediaman pribadi Presiden ketiga RI, Bacharuddin Jusuf Habibie. Sebelum melakukan tarawih, ia mengaku mendapat tiga wejangan dari Habibie untuk memimpin Jakarta mulai Oktober mendatang.

Pilkada 2022 Belum Jelas, Demokrat Pede Siapkan 9 Kader ke Pilgub DKI

"Pertama harus amanah. Kedua banyak sekali yang menaruh perhatian dunia internasional kepada Indonesia. Pastikan keberagaman kita tetap terjaga, juga toleransi kita," ujar Sandiaga di kediaman Habibie, Jakarta, Selasa 6 Juni 2017.

Hal itu karena Indonesia terutama Jakarta menjadi sorotan dunia pasca Pilkada serentak 2017 lalu. Sebagai ibu kota negara yang mayoritas penduduknya muslim, Jakarta harus memberi contoh bahwa demokrasi dan Islam bisa berjalan secara beriringan dan harmonis.

Anies Kandidat Terkuat, Survei Median: Kinerja Bagus, Bawa Perubahan

Sebagai teknokrat, Habibie juga memberi wejangan terkait penggunaan teknologi untuk kemajuan Jakarta. Hal tersebut harus dilakukan dengan fokus.

"Soal teknologi dan digital. Kembali lagi beliau terus bilang bahwa kita tidak boleh hilang fokusnya untuk terus mengembangkan inovasi melalui teknologi dan digital," tutur Sandiaga menirukan ucapan Habibie.

Persaingan DKI-1, Median: Anies Tertinggi, Elektabilitas Risma Naik

Setelah pertemuan malam ini, Sandiaga mengungkapkan akan menjadwalkan pertemuan kembali dengan Habibie terkait pembangunan Jakarta sebagai ibu kota negara. Dalam pertemuan selanjutnya, Sandiaga akan mengajak Anies Baswedan yang merupakan gubernur terpilih sebelum resmi memimpin Jakarta.

"Akan segera kami jadwalkan," katanya.

Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan (kedua kanan)

Bukan Cuma Demokrat, PAN Juga Sudah Siapkan Kadernya Buat Pilgub DKI

PAN siapin Bima Aria, Eko Patrio, Desy Ratnasari hingga Pasha Ungu. Mereka disiapin buat Pilgub DKI 2022.

img_title
VIVA.co.id
19 Februari 2021