Ada 15 Dapil Baru di Pemilu Legislatif 2019

Geliat bisnis atribut kampanye Pemilu 2014. (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma

VIVA.co.id - Panitia Khusus (Pansus) Revisi Undang-Undang Pemilu akhirnya menyepakati 15 daerah pemilihan atau dapil baru bagi anggota DPR. Dapil tersebut diputuskan berdasarkan hasil lobi antar fraksi dengan pemerintah.

Demokrat Tetap Mendesak Bahas Revisi UU Pemilu

Usai lobi antar fraksi, Ketua Pansus Pemilu, Lukman Edy, membacakan hasil lobi soal dapil mana saja yang akan diberikan untuk 15 anggota DPR yang baru. Antara lain adalah Sumatera Utara tambah 1, Riau tambah 2, Kepulauan Riau 1, Lampung 2, NTB 1, Kalimantan Barat 2, Kalimantan Utara 3, Sulawesi Utara 1, Sulawesi Barat 1, Sulawesi Tengah 1.

"Setuju?" kata Lukman yang langsung dijawab setuju mayoritas anggota pansus dalam rapat pansus di gedung DPR, Jakarta, Rabu 14 Juni 2017, malam.

Demokrat Tanya Alasan Jokowi Konsen Revisi UU ITE daripada UU Pemilu

Lalu Anggota Pansus Pemilu Fraksi Nasdem, Johnny Plate, tampak tak sepakat dengan hasil lobi. Menurutnya, keputusan tersebut menunjukkan Pansus gagal melihat Indonesia secara utuh.

"Pansus gagal melihat wilayah yang transportasinya sulit. Kami menyesal. Kebiasaan ini kalau dilakukan terus akan merusak Indonesia nanti. Meski terpaksa ikut," kata Johnny pada kesempatan yang sama.

Pemerintah Bantah Tolak Revisi UU Pemilu karena Jegal Anies
Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman

Ketua MK Sebut UU Pemilu dan UU Cipta Kerja Paling Sering Digugat

Ada sebanyak 48 undang-undang yang yang dimohonkan pengujiannya di MK tahun 2021. UU Pemilu dan UU Cipta Kerja paling banyak digugat

img_title
VIVA.co.id
10 Februari 2022