Gerindra Ancam Keluar Jika Pansus Panggil Koruptor

Politikus Partai Gerindra Desmond Mahesa
Sumber :
  • VIVA/Irwandi

VIVA.co.id - Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket KPK dalam agendanya berencana memanggil semua pihak terkait KPK. Di antaranya ahli hukum hingga mantan koruptor.

Rekomendasi Pansus Angket Masuk Akal, KPK Harus Patuhi

Menanggapi hal ini, Anggota Pansus Hak Angket KPK Fraksi Gerindra, Desmond Mahesa, menilai tak layak mengundang mantan koruptor.

"Saya pikir tidak layaklah mantan koruptor ke sini, untuk testimoni apa?" Kata Desmond di Gedung DPR, Jakarta, Kamis 15 Juni 2017.

PKS dan Demokrat Kompak Tolak Rekomendasi Pansus KPK

Ia mengatakan kalaupun ada mantan koruptor yang ingin memberikan testimoni soal kesewenang-wenangan KPK maka ia tak mempermasalahkannya. Tapi ia tak setuju dengan bahasa Pansus mengundang koruptor.

"Kalau ini yang terjadi Fraksi Gerindra akan keluar dari angket. Ketua Pansus harus jaga omongan, bukan pendapat pribadi atau pendapat Fraksi Golkar," kata Desmond.

Pansus Angket Rekomendasikan KPK Bentuk Lembaga Pengawas

Sebelumnya, Pansus Hak Angket KPK akan mulai mengagendakan untuk memanggil sejumlah pihak termasuk tersangka korupsi E KTP Miryam S Haryani. Adapun pemanggilan mantan koruptor untuk ditanyakan perihal SOP KPK dari sisi HAM selama penyelidikan.

Suasana sidang di Mahkamah Konstitusi.

MK Bantah Inkonsisten Soal UU MD3

MK memperjelas status KPK dan tak menganulir keputusan sebelumnya.

img_title
VIVA.co.id
15 Februari 2018