Kenaikan Dana Bantu Partai dalam Proses Kaderisasi

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Agus Hermanto.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Danar Dono

VIVA.co.id - Wakil Ketua DPR dari Fraksi Demokrat, Agus Hermanto, menyambut baik wacana menaikkan dana partai politik dari Rp108 menjadi Rp1.000 per suara. Menurut Agus, kebijakan itu nantinya akan memberikan kemudahan bagi partai untuk melaksanakan kaderisasi.

Siap-siap Gaduh Gara-gara Reshuffle Kabinet

"Dana yang mencukupi akan mempunyai keleluasaan karena pendidikan parpol yang diharapkan harus mencapai jajaran ranting atau kelurahan," kata Agus di Gedung DPR, Jakarta, Rabu 5 Juli 2017.

Ia mengatakan, kalau dana partai dinaikkan, pendidikan bisa disampaikan kepada jajaran paling bawah. Dana yang saat ini ada pun sebenarnya memang digunakan untuk kaderisasi.

Ketua Jokowi Mania Masuk Partai Golkar?

"Jadi kalau untuk beli mobil enggak boleh, beli gedung enggak boleh. Jadi dikhususkan untuk pembinaan. Dana ini auditable, jadi harus diaudit oleh lembaga editor independen dan disampaikan ke KPU dan tentunya bisa dilihat di website," kata Agus.

Menurut dia, penyampaian laporannya berkala, misalnya sebulan sekali atau tiga bulan sekali. Adapun besaran perolehan suara parpol didasarkan pada pemilu 2014. Pada masa itu, Fraksi PDI Perjuangan paling besar karena paling tinggi dan anggota dewannya paling banyak.

Parpol Diingatkan Tak Usung Eks Pengguna Narkoba di Pilkada

"Ya, tentunya dari Rp108 menjadi Rp1.000 (per suara) itu sudah mencukupi. Kalau dilihat dari kebutuhan itu tentunya relatif. Ada yang mungkin sangat besar, ada yang cukup besar sehingga menurut saya ini merupakan suatu kemajuan yang patut disyukuri dan harus dilaksanakan sesuai asasnya yaitu akuntabel, auditable, karena ini menggunakan APBN," kata Agus.

Pengacara dan anggota DPR dari PDIP, Henry Yosodiningrat.

Ketum Granat: Partai Jangan Usung Mantan Pecandu Narkoba di Pilkada

Mantan pecandu narkoba berpotensi kambuh.

img_title
VIVA.co.id
4 Juli 2020