Fadli Zon Nilai Kenaikan Dana Parpol Cegah Perilaku Korup

Wakil Ketua DPR Fadli Zon.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zahrul Darmawan

VIVA.co.id – Wakil Ketua DPR Fadli Zon mendukung wacana kenaikan dana partai politik hingga 10 kali lipat dari Rp108 menjadi Rp1.080 per suara. Bahkan, ia mendorong kenaikan menjadi hingga Rp5.000 per suara.

Ganjar Sebut Bantuan Dana Parpol Rp 27 Miliar untuk PDIP Kecil Banget

Bagi dia, kenaikan bantuan dana parpol bisa digunakan untuk pendidikan demokrasi di Indonesia.

"Parpol itu pilar yang penting. Parpol itu tidak boleh berusaha, tidak boleh punya perkebunan, tidak boleh punya bengkel, lalu membiayai dari mana demokrasi ini?" kata Fadli kepada wartawan, Kamis, 6 Juli 2017.

PDIP Terima Bantuan Dana Parpol Rp28 Miliar dari Pemerintah

Karena itu, menurutnya, seharusnya memang ada kenaikan yang signifikan. Apalagi partai mengurus parpol dari pusat sampai ke tingkat yang bawah yang melibatkan jutaan masyarakat.

"Ya harusnya bisa Rp5 ribu kalau cuma segitu ya tanggung. Supaya kita juga mengurangi usaha pencarian-pencarian dana ke yang lain. Itu salah satu cara untuk mematangkan demokrasi," lanjut Waketum DPP Gerindra itu.

Ridwan Kamil Bagi-bagi THR ke Parpol di Jabar Rp55 Miliar

Ia meyakini tak akan ada korupsi terkait partai politik dengan adanya kenaikan dana tersebut. Pendanaan partai ini juga dibandingkan dengan negara lain seperti Meksiko yang malah menganggarkan sampai di kisaran US$200 juta per tahun

"Jadi biaya listrik sekretariat kan butuh biaya sehingga ini harus dipikirkan jangan hal strategis ini tidak dimasukkan termasuk pendidikan politik, kaderisasi, pelatihan dan lainnya itu bagian pendidikan demokrasi juga," kata Fadli.

Alexander Marwata, OTT KPK Gubernur Maluku Utara

KPK Tindaklanjuti Laporan PPATK soal Transaksi Janggal Dana Kampanye Pemilu

KPK saat ini sudah menerima terkait dengan laporan transaksi janggal untuk pemilu 2024 yang ditemui oleh PPATK, dan akan menindaklanjutinya

img_title
VIVA.co.id
20 Desember 2023