Ketua DPR: Telegram Bahayakan Keamanan Negara

Ketua DPR sekaligus Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA.co.id - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Setya Novanto mendukung keputusan pemerintah yang memblokir situs layanan percakapan Telegram.

Polisi Didesak Segera Usut Pernyataan Agus Rahardjo Soal Jokowi Stop Kasus e-KTP

Menurut dia, pemblokiran oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika sudah berdasarkan kajian yang lengkap mengingat maraknya kelompok radikal menggunakan Telegram untuk merancang aksi terorisme.

"Tentunya hal ini sangat berbahaya dan mengancam seluruh sendi kehidupan serta keamanan berbangsa bernegara dan rakyat Indonesia," kata Novanto di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin 17 Juli 2017.

Respon Jokowi Usai Mantan Ketua KPK Agus Rahardjo Dilaporkan ke Bareskrim Polri

Novanto mengatakan, perkembangan teknologi di era modern telah memudahkan para teroris menjalin komunikasi satu dengan yang lainnya. Untuk itu, ia meminta pemblokiran ini juga turut dipantau terhadap jaringan komunikasi berbasis platform internet lain agar ruang gerak pelaku teror mudah terdeteksi.

"Jangan sampai paham terorisme melalui situs seperti ini semakin menyebar di Indonesia melalui alat komunikasi dan informasi seperti smartphone atau komputer yang sangat murah dan dapat beli dimana saja," ujarnya.

Sebut Jokowi Intervensi Kasus e-KTP, Agus Rahardjo Diadukan ke Bareskrim

Sebelumnya Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengungkapkan alasan pihaknya memblokir Telegram versi website. Keputusan itu diambil lantaran banyaknya ribuan akun yang terindikasi akan menganggu keamanan negara.

"Kami punya buktinya. Karena ada 700 halaman (berkaitan terorisme dan radikalisme). Kenapa 11 DNS tadi kami blok hari ini. Jadi capture-nya itu semua ada. Bagaimana isinya itu mendorong radikalisme, terorisme, mengajak membuat bom. Semuanya ada itu," kata Rudiantara, Jumat, 14 Juli 2017.

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2024