Jawaban Diplomatis Panglima TNI Ditanya Soal Pilpres

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo bersama Kapolri Jenderal Tito Karnavian
Sumber :
  • VIVA/Agus Rahmat

VIVA.co.id - Nama Panglima Tentara Nasional Indonesia, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, digadang-gadang akan masuk dalam bursa bakal calon presiden dalam Pemilu Presiden tahun 2019.

Panglima TNI Geram Danramil Ditembak OPM, Iran Punya Hak Balas Dendam ke Israel

Nama mantan Kepala Staf Angkatan Darat itu santer beredar di media sosial akan menjadi calon presiden atau calon wakil presiden. Apalagi Gatot akan memasuki masa pensiuan pada 2018.

Gatot diplomatis dan tak menjawab lugas ketika ditanya soal rumor itu. Dia mengaku hanya akan fokus untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya selaku Panglima TNI. Ia mengatakan akan berkonsentrasi untuk menyelesaikan tugas hingga masa pensiun.

Terpopuler: TNI Kembali Pakai Istilah OPM, Kecelakaan Bus di Tol hingga Pemuda Rusak Jembatan

"Saat ini saya berniat menyelesaikan tugas sampai selesai, paripurna. Untuk paripurna maka saya harus berkonsentrasi menyelesaikan tugas sesuai dengan tugas dan tanggung jawab," kata Gatot di Mabes TNI, Jakarta, pada Kamis, 17 Agustus 2017.

Gatot menegaskan, kini dia tetap fokus dalam menjalankan amanat dan tugas sebagai Panglima TNI. "Jangan berpikir pikir lain lagi, nanti (saya) kita enggak fokus," ujarnya.

Sukses Jalani Misi Kemanusiaan di Gaza, 27 Prajurit Pemberani Dapat Penghargaan dari Panglima TNI

Walau namanya masuk bursa bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden, Gatot tak mau berandai-andai. Dia tetap menolak menjawab ketika didesak kesiapannya setelah pensiun kelak. 

"Kalau sudah pensiun, kan, nanti. Kita, kan, tidak berandai-andai. Besok saja kita tidak tahu bagaimana," ujarnya.

VIVA Militer: KSAU Marsekal TNI Mohammad Tonny Harjono

12 Program Kerja KSAU Baru, Meningkatkan Pola Operasi hingga Persiapan Mobilisasi ke IKN

Hal itu disampaikan KSAU Marsekal TNI Mohammad Tonny Harjono pada saat menggelar Entry Briefing bersama seluruh pejabat utama Mabesau dan Komandan Satuan TNI AU

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024