PKB Berambisi Duetkan Dua Eks Menteri Lawan Ganjar Pranowo

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar buka PKB Movie Awards
Sumber :
  • dok.ist

VIVA.co.id – Partai Kebangkitan Bangsa berambisi menyatukan dua eks menteri sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah pada Pilkada 2018. Dua mantan anggota kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo itu ialah Marwan Jafar dan Sudirman Said.

Masuk Bursa Cagub Jateng 2024, Irjen Ahmad Luthfi: Saya Masih Dinas

Marwan pernah menjabat Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Sedangkan Sudirman dulunya adalah Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral.

Menurut Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, kedua orang itu adalah tokoh yang menonjol di antara tokoh lain yang disebut-sebut masuk dalam bursa calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah.

Diah Warih Muncul di Bursa Cagub-Cawagub Jateng, Bersaing dengan Kaesang hingga FX Rudy

"Sementara yang menonjol Marwan Jafar sama Sudirman Sudirman Said," kata Muhaimin di sela menyampaikan kuliah umum di kampus Universitas Diponegoro Semarang pada Rabu, 30 Agustus 2017.

Saking berhasrat menduetkan kedua mantan pejabat tinggi negara itu, Muhaimin telah menyiapkan nama akronim khusus jika penyatuan mereka terwujud, yakni Magadir; Marwan Jafar Gandeng Sudirman Said. 

Sudirman Said Ungkap Timnas Amin Siap Gugat Hasil Pemilu 2024 ke MK

Marwan Jafar dipastikan dicalonkan PKB, sementara Sudirman Said belum definitif diusung partai tertentu namun sudah mulai disosialisasikan oleh Partai Amanat Nasional. Partai Gerindra mengisyaratkan mendukung Sudirman.

"Kita berharap Marwan dan Sudirman (segera) bergabung," kata Muhaimin menegaskan maksud partainya.

Tandingi Petahana

Ambisi duet Magadir ala PKB itu, katanya, bertujuan mengimbangi kepopuleran calon petahana jagoan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), yaitu Ganjar Pranowo. Maka PKB kian intensif berkomunikasi dengan partai lain agar koalisi besar bisa terbentuk.

Duet dua mantan menteri di Pilkada Jawa Tengah sebelumnya juga diwacanakan Partai Amanat Nasional serta Partai Gerindra. Kedua partai itu kini juga masih menjajaki kemungkinan mengusung Sudirman Said. 

Ketua Partai Gerindra Jawa Tengah, Abdul Wachid, beberapa waktu lalu mengaku telah berkomunikasi dengan petinggi PKB serta Marwan Jafar untuk membuka kemungkinan koalisi mantan menteri itu bisa terbentuk. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya