Soal Pelaporan Dandhy, Megawati Diminta Segera Bersikap

Megawati Soekarnoputri bertemu dengan Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Merdeka.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari.

VIVA.co.id – Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri diminta segera mengeluarkan sikap mengenai pelaporan terhadap jurnalis Dandhy Dwi Laksono oleh kadernya di Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) Jawa Timur.

Lagi Jurnalis Ditembak Mati di Meksiko, Tahun Ini Sudah 5 Orang

Ketua Yayasan lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI), Asfinawati mengatakan, pelaporan Dandhy tidak sesuai dengan semangat PDIP yang selalu didengung-dengungkan sebagai partai wong cilik dan pengawal demokrasi.

"Laporan itu bukan dilakukan Megawati. Jadi kami masih berbaik sangka bahwa hal ini tidak diperintahkan Megawati karena kalau diperintahkan harusnya ada surat kuasa. Kami meminta kepada Beliau untuk memberikan arahan kepada kader partainya untuk menghentikan tindakan-tindakan seperti ini karena  tidak sesuai spirit  PDIP," kata Asfi di Kantor YLBHI, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat 8 September 2017.

FJPI Serukan Tolak Perempuan Sebagai Objek Negatif Pemberitaan

Menurut Asfi, tulisan yang disampaikan Dandhy melalui laman Facebook merupakan bentuk kritik yang dijamin oleh konstitusi. Asfi mengatakan, demokrasi tidak bisa ditegakkan di atas pembungkaman kebebasan berpendapat dan berekspresi.

"Kami mau menyampaikan bahwa laporan kepada Dandhy yang juga menimpa banyak orang bertentangan dengan semangat demokrasi," ujarnya menegaskan.

Jurnalis Perempuan Meksiko Dibunuh padahal Pernah Mengadu ke Presiden

Selain itu, penghinaan merupakan terminologi untuk wilayah privat. Pejabat publik, ketua partai dan pemerintah harus menerima kritik sebagai bentuk masukan bukan justru direspons dengan kriminalisasi.  

"Apa yang dilakukan Dandhy merupakan upaya memperbaiki negara. Itu merupakan kritik yang seharusnya tidak dianggap sebagai penghinaan." (mus) 

ilustrasi kematian

Jurnalis TV dan Model Meksiko Michelle Perez Tewas Terbungkus Seprai

Jasad korban jurnalis dibungkus seprai ditemukan oleh petugas yang sedang memadamkan kobaran api di jalan raya Picacho-Ajusco. Polisi telah melakukan pemeriksaan.

img_title
VIVA.co.id
23 Februari 2022