Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 12 September 2017 | 12:47 WIB
  • Nurul Arifin: Setya Novanto Masih Lemas dan Diinfus

  • Oleh
    • Syahrul Ansyari,
    • Lilis Khalisotussurur
Nurul Arifin: Setya Novanto Masih Lemas dan Diinfus
Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Ketua DPR, Setya Novanto.

VIVA.co.id – Ketua Bidang Media dan Penggalangan Opini Partai Golkar, Nurul Arifin, mengungkapkan kondisi terkini Ketua DPR sekaligus Ketua Umum Golkar, Setya Novanto. Dia dikabarkan masih lemas dan diinfus, lantaran pingsan setelah mengikuti rangkaian acara DPR di Bali dan bermain pingpong. Novanto pun mendapatkan pemeriksaan MRI, Thorax, dan USG.

"Biasa saja beliau tadi lemas dan masih diinfus begitu. Mungkin juga kecapekan karena kita lihat acara di Bali padat, dan ternyata waktu kemarin masih sempat olahraga waktu main pingpong sempat jatuh pingsan dan kemudian diputuskan untuk dibawa ke sini," kata Nurul di Rumah Sakit Siloam Jakarta, Selasa 12 September 2017. Kondisi itu membuat Novanto tidak menghadiri panggilan dari KPK untuk diperiksa sebagai tersangka kasus korupsi proyek e-KTP Senin kemarin.

Menurut Nurul, Novanto memang sempat bermain pingpong di basement rumahnya. Pada hari yang sama, sekitar pukul 20.00 WIB, ia pun mendapatkan kabar Novanto masuk ke RS Siloam karena jatuh pingsan.

"Saya tidak tahu pasti tapi pada malam itu juga kalau tidak salah jam 8-an saya diberitahu," kata Nurul.

Ia melanjutkan kondisi Novanto hari ini secara umum masih sama dengan kemarin. Indikasinya memang vertigo. Sehingga kini sedang dilakukan pemeriksaan-pemeriksaan lanjutan.

"Kalau menurut permintaan dari dokter supaya istirahat total, jadi bed rest lah beliau. Saya berharap bapak bisa cepat pulih dan bisa bekerja seperti biasanya," kata Nurul.

Ia belum mengetahui hingga kapan Novanto harus istirahat total. Sebab ada beberapa kemungkinan indikasi kesehatan yang lain. Adapun untuk memastikan dugaan tersebut, mereka masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium.

"Kemarin juga sudah dilakukan tindakan pemeriksaan MRI dan Thorax dan juga USG juga sudah tadi pagi. Hasilnya saya tidak bisa memberi tahu karena itu kewenangan dokter," kata Nurul.

Didampingi Ibu

Saat ditanya secara detail bagian tubuh mana saja yang diperiksa lebih dalam, ia enggan mengungkapkannya. Ia hanya menegaskan kondisi Novanto yang hingga kini masih lemas. Mereka yang mendampingi Novanto saat ini adalah ibu dan sejumlah teman-temannya.

"Ada ibu yang mendampingi, ada teman-teman yang datang menjenguk lah. Tapi juga tidak bisa terlalu banyak ngobrol gitu, kalau di situ disarankan dokter untuk tidak banyak menerima tamu tapi kan kita tidak bisa juga menolak," kata Nurul.

Sebelumnya, Novanto sempat mangkir dari pemeriksaan KPK. Ia diduga terlibat dalam kasus korupsi E-KTP. Meski telah mangkir karena alasan kesehatan, KPK melayangkan pemanggilan yang kedua terhadap Novanto. (ren)