Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 13 September 2017 | 15:46 WIB
  • SBY: Demokrat Konsisten Dukung Penuh KPK

  • Oleh
    • Hardani Triyoga,
    • Bimo Aria
SBY: Demokrat Konsisten Dukung Penuh KPK
Photo :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono.

VIVA.co.id – Ketua Umum DPP Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyatakan partainya mendukung sepenuhnya kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam memberantas korupsi di Indonesia. Upaya pelemahan terhadap KPK menurut SBY harus ditolak dalam bentuk apa pun.

"Demokrat mendukung penuh KPK, dan saya tahu, saya bukan anak kemarin sore dalam dunia politik. Apa pun dalihnya kita tahu dan Demokrat sekali lagi menolak pelemahan KPK, apalagi kalau ada yang ingin membekukan dan membubarkan," kata SBY di kantor DPP Demokrat, Jakarta, Rabu 13 September 2017.

SBY menegaskan, Demokrat akan tetap konsisten mendukung tindakan pemberantasan korupsi. Meskipun diakui bahwa sebagian kader Demokrat terlibat korupsi.

"Meskipun Partai Demokrat sebagian kadernya terlibat korupsi, kami konsisten tidak akan berubah dalam mendukung KPK. Jangan sampai kalau kadernya aman, mendukung KPK habis-habisan. Tapi, kalau ada yang kena melakukan tindakan sebaliknya," SBY menambahkan.

SBY juga berharap agar semua lembaga pemerintahan di Indonesia dan kepala lembaga negara juga ikut mendukung dan menolak pelemahan terhadap KPK. Dia juga berharap agar KPK dan dua lembaga penegak hukum lain, Polri dan kejaksaan bisa bersinergi dalam upaya-upaya pemberantasan KPK.

"Semuanya penting, KPK penting, Polri, kejaksaan juga penting dalam hal pemberantasan korupsi. Rakyat sedih, kami sedih, kalau satu sama lain tidak klop. Klop lah kalau berkompetisi berkompetisi secara sehat tapi tidak bermusuhan satu sama lain," kata dia.