Tiga Fraksi Tolak Perppu Ormas di Depan Perwakilan Aksi 299

Peserta aksi 299 Salat Jumat bersama aparat petugas
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lilis Khalis

VIVA.co.id – Tiga fraksi di DPR memastikan akan menolak Perppu Ormas. Hal ini dinyatakan Gerindra, PKS, dan PAN usai menerima perwakilan pendemo Aksi 299.

Saksi Ahli HTI Tak Tahu Organisasinya Dilarang Banyak Negara

Wakil Ketua DPR Fraksi Gerindra, Fadli Zon, mengungkapkan fraksinya termasuk yang menolak perppu tersebut. Meskipun nanti dalam pembahasannya di komisi II DPR, belum terlihat persis fraksi mana saja yang akan menolak dan mendukung perppu ini.

"Baru kita akan ketahui pada pertengahan Oktober, baru diparipurnakan. Kami sendiri termasuk yang ikut menolak perppu sejak awal, atas nama Gerindra kami menolak Perppu ini," kata Fadli dalam audiensi bersama pendemo 299 di gedung DPR, Jakarta, Jumat 29 September 2017.

PKS Dorong Revisi UU Ormas

“Perppu ini bertentangan dengan UUD RI. Perppu ini akan bungkam suara kritis. Ini Perppu yang bermasalah,” ujarnya menambahkan.

Ketua Fraksi PKS, Jazuli Juwaini mengatakan hal yang sama. Sikap ini diambil untuk menjaga sistem demokrasi. Sehingga, PKS akan berupaya dan menginstruksikan pada wakilnya di Komisi II untuk melobi fraksi lain agar menolak perppu.

Tak Masuk Prolegnas, Kegentingan UU Ormas Dipertanyakan

"Karena, perppu tak sesuai dengan prinsip demokrasi dan keadilan," kata Jazuli pada kesempatan yang sama.

Anggota Komisi III DPR Fraksi PAN, Daeng Muhamad memiliki sikap yang sama dengan Gerindra dan PKS dalam hal Perppu Ormas.

"Saya sampaikan dengan tegas, saya yakin fraksi PAN akan sejalan dengan Gerindra, Demokrat dan PKS untuk menolak dengan cara apapun kebangkitan PKI. Kedua, jangan bikin perppu seperti kacang goreng," kata Daeng. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya