Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 3 Oktober 2017 | 10:21 WIB
  • Resmi, Setya Novanto Sudah Keluar dari Rumah Sakit

  • Oleh
    • Syahrul Ansyari,
    • Bayu Nugraha,
    • Reza Fajri
Resmi, Setya Novanto Sudah Keluar dari Rumah Sakit
Photo :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto.

VIVA.co.id - Ketua DPR, Setya Novanto, dikabarkan sudah pulang dari Rumah Sakit Premier Jatinegara usai menjalani perawatan pada Senin, 2 Oktober 2017. Kabar mengenai kepulangan Novanto pun dibenarkan RS Premier Jatinegara.

"Iya benar, Pak SN (Setya Novanto) sudah pulang semalam sekitar pukul 20.00 WIB," kata Kepala Humas RS Premier Jatinegara, Sukendar, saat dihubungi VIVA.co.id, Selasa 3 Oktober 2017.

Ia mengatakan, kepulangan ketua umum Partai Golkar ini sudah seizin dokter. Namun, dia tidak mengetahui bagaimana kondisi kesehatan terakhir dari Novanto.

"Sudah sesuai perintah dokter. Sudah seizin dokter. Kalau sudah pulang berarti sudah bagus (kondisi kesehatannya)," katanya.

Ia pun tidak bisa berbicara lebih lanjut dan melakukan konferensi pers ke awak media lantaran belum mendapatkan izin dari direksi RS Premier Jatinegara.

"Saya lapor manajemen dari awal sepi jadi tidak boleh kasih komentar. Jadi lewat telepon saja," katanya.

Sebelumnya, informasi Novanto sudah keluar dari Rumah Sakit Premier Jatinegara sudah beredar pada Senin malam 2 Oktober 2017. Kabar itu muncul setelah mobil pengawal Novanto terlihat keluar dari rumah sakit.

"Iya, sudah keluar. Sudah pulang ke kediamannya aja," kata seorang sumber yang enggan disebut namanya.

Menurut dia, kondisi kesehatan Novanto sudah mulai membaik dan tidak perlu menginap. Namun, Novanto menurutnya masih tetap harus menjalani tindakan kesehatan lain.

"Kesehatan sudah mulai memulih, tapi masih butuh perawatan. Masih butuh tindakan kesehatan berikutnya," ujar dia.

Setelah mobil pengawal Novanto keluar, pengamanan RS Premier terlihat tidak seketat biasanya. Petugas RS yang berjaga menghalangi awak media untuk masuk ke dalam pun terlihat hanya ada dua orang saja.

Novanto masuk ke RS Premier Jatinegara pada Senin 18 September lalu. Novanto menjalani perawatan usai didiagnosa mengalami sakit yang cukup serius sehingga harus dirawat di rumah sakit, antara lain, vertigo, gula darah, hingga jantung. Bahkan, fotonya ketika dalam kondisi sakit juga beredar ke publik.

Setya Novanto sempat ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK dalam kasus korupsi e-KTP. Namun, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan membatalkan status tersebut melalui praperadilan.