Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 3 Oktober 2017 | 13:41 WIB
  • Cak Imin Didorong Maju di Pilpres 2019? Ini Jawabannya

  • Oleh
    • Hardani Triyoga,
    • Rifki Arsilan
Cak Imin Didorong Maju di Pilpres 2019? Ini Jawabannya
Photo :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar
Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar

VIVA.co.id – Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar digadang-gadang layak maju di Pilpres 2019. Ada dorongan kader partai dan suara Nahdliyin yang menginginkan politikus yang akrab disapa Cak Imin itu maju bersaing di Pilpres 2019.

Dikonfirmasi hal ini, Cak Imin mengakui adanya dorongan kader tersebut. Namun, ia menekankan untuk sekarang belum ada kesiapan bicara maju di Pilpres 2019.

"Iya, banyak juga sih. Ya, namanya kader, namanya juga cinta, harapan kan ya, pasti ada harapan seperti itu. Tapi saya bilang setop semuanya untuk membicarakan itu," kata Cak Imin kepada VIVA.co.id, di kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, pekan lalu.

Cak Imin menekankan partainya ingin mendukung pemerintahan Jokowi. Terkait arah dukungan, menurutnya, PKB masih akan mengevaluasi pada 2018. Namun, kemungkinan besar, PKB masih akan mendukung Jokowi.

"Kami konsentrasi pada menyukseskan pemerintahan Pak Jokowi, nanti kami akan evaluasi lah di tahun 2018," lanjut mantan menteri Tenaga Kerja tersebut.

Kemudian, Cak Imin menginstruksikan agar kader PKB tak membicarakan Pilpres 2019 karena dinilai masih terlalu dini. Selain itu, bisa menggangu kedekatan PKB dengan Jokowi sebagai parpol pendukung pemerintah.

"Terlalu dini membicarakan pilpres, akan mengganggu kedekatan kami secara prinsip, kedekatan kami bersama Presiden. Kalau kami nyatakan dukungan sekarang, nanti kami dibilang cari muka, karena terlalu dini. Kalau tidak dinyatakan (dukungan) nanti dianggap pengkhianat. Jadi, terlalu dini lah, nanti saja," tuturnya.

Seperti diketahui, PKB sejauh ini belum menyatakan deklarasi dukungan kepada Jokowi untuk Pilpres 2019. Berbeda dengan parpol pendukung pemerintah lain seperti Golkar, PPP, dan Nasdem. Bahkan, beberapa parpol baru seperti PSI dan Perindo menyatakan dukungan terhadap Jokowi untuk kembali maju di Pilpres 2019.