JK: Pejabat Pemerintah Tidak Boleh Gaduh di Luar

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar Ginanjar Mukti

VIVA.co.id - Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan, bahwa menteri-menteri di Kabinet Kerja hanya boleh membuat 'kegaduhan' atau bersilang pendapat di forum-forum internal seperti rapat pemerintah.

Dito Mahendra Divonis 7 Bulan, Langsung Keluar Penjara

Pernyataan JK merupakan tindak lanjut terhadap arahan Presiden Joko Widodo supaya para menteri menjaga kondusivitas di masyarakat dengan tidak mengeluarkan pernyataan yang menimbulkan kegaduhan.

JK menyampaikan, dalam forum internal, para menteri dipersilakan saling menunjukkan sikap berbeda pendapat karena hal itu tidak akan terekspos kepada masyarakat.

5 Alutsista Asli Buatan Indonesia Ini Laris Manis Dipesan Negara Lain

"Pemerintahan itu tidak ada demokrasi terbukanya. Artinya, tertutup demokrasinya. Tidak boleh (menteri-menteri atau pejabat pemerintah) berbeda pendapat di luar, apalagi bergaduh," ujar JK di sela-sela meninjau renovasi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa, 3 Oktober 2017.

Menurut JK, arahan yang disampaikan Jokowi dalam rapat paripurna itu merupakan sebuah instruksi lisan. Dengan demikian, para menteri juga pejabat pemerintah diharapkan untuk sama sekali tidak membuat kegaduhan lagi di masyarakat. "Karena sudah perintah, kita harus jalankan," ujar JK.

Bandar Narkoba Diringkus, dari Sepasang Kekasih Pengedar Ganja Hingga yang Bersenjata-api

Presiden Joko Widodo menyindir bawahannya yang kerap mengumbar pernyataan yang membuat masyarakat khawatir dan bingung. Tanpa menyebut nama, Jokowi mengingatkan politik negara harus kondusif. Menurut dia, bawahannya harus ingat sebagai bagian dari pemerintah harus memperhatikan sikap dan pernyataan. (mus)

VIVA Militer: Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonkav 6/NK serahkan senjata rakitan

Satgas Pamtas RI-RDTL Naga Karimata TNI AD Serahkan 7 Pucuk Senjata Api ke Brigjen TNI Joao Xavier

Satgas Pamtas RI-RDTL berhasil mendapatkan 7 pucuk senjata rakitan dari masyarakat di wilayah perbatasan RI-Timor Leste

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024