Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 3 Oktober 2017 | 16:09 WIB
  • JK: Pejabat Pemerintah Tidak Boleh Gaduh di Luar

  • Oleh
    • Syahrul Ansyari,
    • Fajar Ginanjar Mukti
JK: Pejabat Pemerintah Tidak Boleh Gaduh di Luar
Photo :
  • VIVA.co.id/Fajar Ginanjar Mukti
Wakil Presiden RI Jusuf Kalla

VIVA.co.id - Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan, bahwa menteri-menteri di Kabinet Kerja hanya boleh membuat 'kegaduhan' atau bersilang pendapat di forum-forum internal seperti rapat pemerintah.

Pernyataan JK merupakan tindak lanjut terhadap arahan Presiden Joko Widodo supaya para menteri menjaga kondusivitas di masyarakat dengan tidak mengeluarkan pernyataan yang menimbulkan kegaduhan.

JK menyampaikan, dalam forum internal, para menteri dipersilakan saling menunjukkan sikap berbeda pendapat karena hal itu tidak akan terekspos kepada masyarakat.

"Pemerintahan itu tidak ada demokrasi terbukanya. Artinya, tertutup demokrasinya. Tidak boleh (menteri-menteri atau pejabat pemerintah) berbeda pendapat di luar, apalagi bergaduh," ujar JK di sela-sela meninjau renovasi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa, 3 Oktober 2017.

Menurut JK, arahan yang disampaikan Jokowi dalam rapat paripurna itu merupakan sebuah instruksi lisan. Dengan demikian, para menteri juga pejabat pemerintah diharapkan untuk sama sekali tidak membuat kegaduhan lagi di masyarakat. "Karena sudah perintah, kita harus jalankan," ujar JK.

Presiden Joko Widodo menyindir bawahannya yang kerap mengumbar pernyataan yang membuat masyarakat khawatir dan bingung. Tanpa menyebut nama, Jokowi mengingatkan politik negara harus kondusif. Menurut dia, bawahannya harus ingat sebagai bagian dari pemerintah harus memperhatikan sikap dan pernyataan. (mus)