Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 4 Oktober 2017 | 19:47 WIB
  • Rustriningsih Beri Sinyal Maju di Pilgub Jateng

  • Oleh
    • Finalia Kodrati,
    • Dwi Royanto (Semarang)
Rustriningsih Beri Sinyal Maju di Pilgub Jateng
Photo :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah Rustriningsih

VIVA.co.id – Wakil Gubernur Jawa Tengah periode 2008-2013 Rustriningsih masih terkesan malu-malu soal kepastiannya mencalonkan kembali di Pilgub Jateng 2018. Namun, mantan politisi PDI Perjuangan itu tak menampik bahwa banyak simpatisan serta sejumlah tokoh partai mendukungnya untuk mencalonkan diri kembali.

"Kalau komunikasi dengan partai secara resmi tidak, tapi kalau personal orang perorang (partai) ya, " kata Rustri usai mengisi acara seminar akuntan di hotel Grasia Semarang, Rabu, 4 Oktober 2017.

Terkait minatnya maju kembali, Rustri memang tak gamblang mengatakannya. Namun ia memberi sinyal positif bahwa hal itu sangat mungkin terjadi asalkan ada pinangan dari partai politik. Ia juga mengaku menunggu perkembangan perpolitikan jelang Pilgub Jateng.

"Kalau minat harus disertai perangkat yang memungkinkan bisa (maju kembali)," ujar mantan bupati Kebumen dua periode itu.

Rustri juga mengaku jika para simpatisannya di sejumlah pelosok Jawa Tengah akhir-akhir ini banyak yang memintanya maju kembali. Tapi dirinya belum memberikan jawaban pasti, sembari masih menunggu proses yang berjalan. Terlebih menurutnya, waktu Pilgub digelar masih cukup lama.

"Banyak yang menanyakan maju atau tidak. Saya pikir memang belum ada apa-apa. Sementara saat ini proses masih jalan semua, antara partai yang mengusung dan berkoalisi. Itu ranah yang di luar kemampuan saya, " ujar dia.

Sejak berada di luar pemerintahan serta partai politik pada 2013 lalu, Rustriningsih memang lebih fokus terjun ke bidang sosial kemasyarakatan serta mengurangi aktivitas berpolitik. Ia bahkan rutin menggelar pertemuan dengan warga di sejumlah daerah, salah satunya di kota asalnya Kebumen. 

"Di luar pemerintahan saya gunakan forum lain. Setiap Rabu Kliwon di Kebumen teman-teman ngumpul ribuan hingga 1.400 orang," ujar dia.

Untuk diketahui, Rustriningsih sendiri merupakan mantan kader potensial PDIP di Jawa Tengah. Karier politik Rustri memang sempat hilang saat Pilgub Jateng 2013 lalu. Dirinya gagal mendapatkan rekomendasi dari PDIP, yang mengusungya saat berpasangan dengan mantan gubernur Bibit Waluyo. Saat itu Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri merekomendasikan Ganjar Pranowo yang akhirnya memenangi Pilgub bersama wakilnya Heru Sujatmoko. 

Pengamat politik dan pemerintahan Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, M Yulianto, menilai Rustriningsih kini menjadi tokoh wanita yang mumpuni untuk kembali terjun ke Pilgub Jateng 2018. 

Kemampuan Rustri di pemerintahan, lanjut Yulianto, terlihat saat dirinya tak pernah sekalipun tersangkut kasus korupsi, baik saat menjabat Bupati Kebumen dua periode serta wakil gubernur Jateng.

"Di daerah Selatan (Jawa Tengah), nama Bu Rustri masih sangat populer. Sayangnya kini belum ada parpol yang jadi kendaraan untuk maju dan meliriknya maju Pilgub Jateng, " kata Yulianto. (one)