Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 6 Oktober 2017 | 18:08 WIB
  • Selama Sakit, Novanto Masih Tanda Tangani Surat-surat DPR

  • Oleh
    • Syahrul Ansyari,
    • Lilis Khalisotussurur
Selama Sakit, Novanto Masih Tanda Tangani Surat-surat DPR
Photo :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar
Ketua DPR Setya Novanto saat hadir di Sidang Tahunan MPR.

VIVA.co.id - Pelaksana Tugas Sekjen DPR, Damayanti, mengatakan, selama sakit, Ketua DPR Setya Novanto masih sempat bekerja menjalankan tugasnya. Di antaranya menandatangani surat-surat yang dianggap penting.

"Sampai hari ini beliau belum masuk karena masih recovery. Sampai hari ini belum aktif, cuma memang ada beberapa surat yang sifatnya mendesak, beliau bisa sebagian menandatangani, misal surat keputusan (SK). Tapi belum aktif," kata Damayanti di Gedung DPR, Jakarta, Jumat, 6 Oktober 2017.

Ia menjelaskan, surat-surat penting tersebut sengaja diantarkan ke rumah Novanto selama sakit. Setidaknya Novanto bisa menandatangani sekitar lima surat.

"Kami tahu diri ya, karena beliau juga belum fit. Jadi hanya untuk surat-surat yang benar-benar urgent seperti SK. Melalui ajudan, sampai lima surat pokoknya yang sangat urgent," kata Damayanti.

Ia mengatakan, meskipun sakit, ia memastikan tugas DPR tak terganggu karena kegiatan sehari-hari bisa ditangani wakil ketua DPR lainnya. Sebab, pimpinan bersifat kolektif kolegial.

"Sejauh ini untuk kegiatan sehari-hari tidak (mengganggu) karena kami punya lima pimpinan saling mengisi saja," kata Damayanti.

Selama ini, ia mengatur komunikasi dengan Novanto. Hanya saja, ia mengetahui kondisi Novanto dari ajudan atau anggota DPR yang menjenguk.

"Kami izin dulu, kadang lagi pemeriksaan atau tindakan kan enggak bisa (menghubungi). Jadi komunikasinya seperti itu," kata Damayanti.

Hingga kini ia masih belum mengetahui kapan Novanto akan kembali aktif bekerja sebagai ketua DPR. Tapi memang setiap harinya kesekjenan memang selalu mengecek.

"Jadi biasanya cek sudah bisa masuk atau tidak. Karena mesti ada pelaporan. Doain saja cepat sembuh," kata Damayanti.