Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 11 Oktober 2017 | 12:40 WIB
  • Kendaraan Lapis Baja Disiapkan di DPP Golkar, Ada Apa?

  • Oleh
    • Hardani Triyoga,
    • Eka Permadi
Kendaraan Lapis Baja Disiapkan di DPP Golkar, Ada Apa?
Photo :
  • VIVA.co.id/Eka Permadi
Kendaraan taktis disiapkan di DPP Golkar

VIVA.co.id – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Golkar akan menggelar rapat pleno yang salah satunya terkait revitalisasi pengurus partai. Pleno ini rencananya akan di pimpin langsung Ketua Umum partai Golkar, Setya Novanto.

Dari pantauan VIVA.co.id, Rabu, 11 Oktober 2017, pengamanan di DPP Golkar sangat ketat. Ratusan anggota polisi lengkap dengan satu unit water canon dan dua mobil perintis lapis baja penghalau masa telah siaga di bagian dalam kantor DPP.

Tameng-tameng pasukan anti kericuhan juga sudah disusun di bagian belakang. Anggota polisi berkumpul di sekitarnya. Beberapa anggota polisi juga nampak berselempang senjata pelontar gas air mata.

Sebagian polisi juga berjaga di Jalan Anggrek Neli Murni yang merupakan akses masuk ke DPP Golkar. Kemudian, sejumlah petugas kepolisian juga ikut menjaga bagian belakang kantor DPP. Di pintu masuk nampak beberapa anggota TNI ikut mengawasi keadaan.

Kapolsek Palmerah Kompol Armunanto membenarkan adanya pengetatan dan pengamanan di DPP Partai Golkar.

"Ada 500 personil gabungan Brimob, Sabhara, Reskim yang di turunkan," ujarnya saat di hubungi, Rabu 11 Oktober 2017.

Armunanto membantah bila penyiagaan dua kendaraan lapis baja dan water canon sebagai antisipasi ricuh terkait revitalisasi. "Enggak itu cuma protap aja. Kita harus memberikan rasa aman pada masyarakat," ujar Armunanto.

Polisi berjaga-jaga di kantor DPP Golkar

Polisi berjaga dengan perlengkapan tameng anti huru-hara. Foto: VIVA.co.id/Eka Permadi

Agenda rapat pleno rencananya akan digelar pada pukul 14.00 siang ini. Sebelumnya, Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar TB Ace Hasan Syadzily mengatakan Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto akan mengumumkan secara langsung revitalisasi dan restrukturisasi pengurus DPP Golkar. Sebab, revitalisasi ini menjadi hak ketua umum.

"Revitalisasi itu adalah hak ketua umum. Jadi yang akan mengumumkan ketua umum. Itu yang akan dibicarakan dalam rapat pleno. Besok juga sudah confirm memimpin rapat pleno. Agendanya menyampaikan dan melaporkan persiapan HUT dan rakernas," kata Ace di Gedung DPR, Jakarta, Selasa, 10 Oktober 2017.

Ia menjelaskan alasan revitalisasi karena kader Golkar telah pindah ke partai lain dan penyegaran pengurus. Revitalisasi ini juga bagian amanat dari rapat pimpinan nasional.

"Secepatnya segera dilakukan revitalisasi, konteksnya bagaimana supaya mengejar waktu verifikasi partai politik," jelas Ace.