Pilgub Jateng, PDIP Masih Tunggu Titah Megawati

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (kiri).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – PDI Perjuangan sejauh ini belum menentukan figur yang diusung untuk maju ke Pemilihan Gubernur Jawa Tengah. Meski petahana Ganjar Pranowo punya elektabilitas tinggi, namun keputusan final tetap ada di tangan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Hasto PDIP Klaim Angket Belum Bergulir Bukan Tunggu Intruksi Megawati tapi Banyak Tekanan

Ketua DPD PDIP Jawa Tengah Bambang Wuryanto menegaskan partainya sudah mengantongi nama-nama yang masuk bursa bakal cagub Jawa Tengah.

"Saat ini PDIP Perjuangan memiliki beberapa bakal cagub gubernur yang masih menunggu rekomendasi Ketua Umum Megawati. Untuk Jawa Tengah siapapun calonnya merupakan pilihan ketua umum," kata Bambang di Semarang, Jawa Tengah, Rabu, 1 November 2017.

Diah Warih Muncul di Bursa Cagub-Cawagub Jateng, Bersaing dengan Kaesang hingga FX Rudy

Dia menambahkan mengacu survei internal partai, Ganjar memang memiliki elektabilitas tertinggi. Kendati demikian, setiap kader masih punya peluang yang sama untuk diusung. "Semua bakal cagub dari PDIP memiliki peluang yang sama untuk mendapat rekomendasi ketua umum," tutur anggota DPR tersebut.

Kemudian, kata dia, DPD PDIP Jateng terus melakukan konsolidasi dengan sejumlah parpol. Selain itu, juga dengan melakukan roadshow menemui kader langsung di daerah-daerah untuk menyerap aspirasi.

Anies Baswedan Sebut Tinggal Tunggu Waktu Jusuf Kalla dan Megawati Ketemu

"Seperti kunjungan ke DPC-DPC. Ini adalah sebagai upaya mencari aspirasi langsung dari para kader agar nantinya diusung PDIP," ujarnya.

Menjelang pendaftaran pasangan calon yang tinggal dua bulan, Pilgub Jawa tengah masih belum memiliki koalisi parpol yang mengerucut. Sejumlah nama yang siap maju antara lain politikus PKB yang juga mantan Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal Marwan Jafar dan mantan Menteri Energi Sumber Daya Mineral Sudirman Said.

Laporan: Aditya Bayu (Kab. Semarang)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya