Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 6 November 2017 | 10:05 WIB
  • Calon Pendamping Khofifah Tinggal Mengerucut Dua Nama

  • Oleh
    • Hardani Triyoga,
    • Nur Faishal (Surabaya)
Calon Pendamping Khofifah Tinggal Mengerucut Dua Nama
Photo :
  • VIVA.co.id/ Agus Rahmat.
Menteri Sosial Khofifah Indra Parawansa.

VIVA – Khofifah Indar Parawansa dipastikan akan maju bersaing di Pemilihan Gubernur Jawa Timur. Tim Sembilan yang merupakan kelompok kiai dan pendukung Khofifah sudah mengerucutkan calon pendamping pada dua figur.

Dua nama itu telah dikaji dan merupakan hasil survei itu akan dibawa ke partai politik pengusung. Keputusan nama pendamping Khofifah akan diputuskan dalam pekan ini.

Juru Bicara Tim Sembilan KH Asep Saifuddin Chalim mengatakan dua nama ini sudah pasti akan dipilih salah satu. Namun, ia belum bisa menyebutkan dua nama tersebut.

"Mengerucut dua nama, hanya memang tidak boleh sebutkan namanya," kata Asep di Pesantren Amanatul Ummah Surabaya, Jawa Timur, Minggu, 5 November 2017.

Asep mengatakan, dua nama ini akan ditawarkan kepada seluruh partai politik pengusung Khofifah untuk dimintakan persetujuan. Parpol pengusung punya hak untuuk memberikan masukan figur pendamping Khofifah.

"Minggu depan, tidak sampai hari Minggu lagi insya Allah sudah diputuskan satu nama," janji Asep.

Asep hanya menunjukkan kriteria atau ciri dari dua nama tersebut. Dia bisa dari Mataraman, bisa pula dari Tapal Kuda. Dia bisa berlatarbekalang politikus, juga bisa pula seorang birokrat.

"Bisa mendampingi, bisa menambah dulangan suara, dan Bu Khofifah senang dengan kedua-duanya, artinya bisa bekerja sama," ucap Asep.

Dalam Hadir pada pertemuan Tim Sembilan, Minggu kemarin, di antaranya dua adik Presiden RI keempat Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Salahuddin Wahid atau Gus Solah dan Lily Wahid; istri almarhum Hasyim Muzadi; cucu KH Wahab Chasbullah, Nyai Machfudoh Ali Ubaid; KH Mas Mansur Sidosermo Surabaya; Wakil Pengasuh Pesantren Salafiyah Syafiiyah Sokorejo, KH Afifuddin; dan lainnya.

Khofifah menyatakan siap maju dalam perebutan kursi Jatim-1 pada 2018. Sementara, baru tiga partai yang sudah siap mengusung Khofifah, yakni Golkar, Demokrat dan Nasdem. Pesaing kuatnya ialah pasangan Gus Ipul-Abdullah Azwar Anas, diusung PKB-PDI Perjuangan. Satu kandidat lagi yang rajin mencari dukungan, yakni La Nyalla Mattalitti. (ase)