Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 6 November 2017 | 16:23 WIB
  • Gerindra Siap Bentuk Poros Baru dengan PKS dan PAN di Jatim

  • Oleh
    • Hardani Triyoga,
    • Reza Fajri
Gerindra Siap Bentuk Poros Baru dengan PKS dan PAN di Jatim
Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Ilustrasi rapat akbar kader Gerindra

VIVA – Partai Gerindra sejauh ini masih adem ayem terkait sikap politik di Pemilihan Gubernur Jawa Timur.

Ketua DPP Gerindra Nizar Zahro mengatakan, kemungkinan partainya akan melakukan penjajakan koalisi dengan PKS serta PAN. Menurut dia, sikap politik Gerindra di Pilgub Jatim akan disampaikan dalam waktu dekat.

"Kemungkinan besar dengan PKS dan PAN, dan Insya Allah dalam waktu dekat sudah ada keputusan resmi dari DPP Partai Gerindra," kata Nizar Zahro ketika dikonfirmasi, Senin 6 November 2017.

Sementara mengenai kandidat yang akan diusung, Gerindra masih mempertimbangkan sejumlah hal. Beberapa yang menjadi pertimbangan antara lain popularitas dan elektabilitas berdasarkan hasil survei.

"Partai Gerindra tentunya sudah bekerjasama dengan lembaga survei untuk melihat figur-figur potensial, baik dari kader internal maupun tokoh dari eksternal," ujar Nizar.

Menurut dia, nanti DPP lah yang akan menentukan berdasarkan nama-nama yang diusulkan oleh DPD. Apalagi Gerindra juga menilai penting implikasi pertarungan Pilgub Jatim terhadap Pemilihan Presiden 2019.

"Sehingga Partai Gerindra tidak akan melepaskan begitu saja Pilgub Jatim," kata Nizar.

Sebelumnya, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) siap membangun poros baru dalam Pilgub Jatim 2018. Sehingga menurut mereka Pilgub Jatim tidak mutlak terpusat pada sosok Saifullah Yusuf dan Khofifah Indar Parawansa. (mus)