Puan Maharani Yakin Ganjar Pranowo Masih Terkuat

Puan Maharani bersama kader PDI Perjuangan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

VIVA – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) masih merahasiakan nama kader yang akan diusung untuk maju dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018. Sejauh ini, sinyal untuk mengusung kembali calon petahana, Gubernur Jawa Tengah masih cukup kuat.

Gerindra Sebut Dasco dan Puan Faktor Penting Percepatan Rekonsiliasi Politik

Ketua Bidang Politik dan Keamanan DPP PDIP Puan Maharani menyebut berdasarkan survei internal PDIP, nama Ganjar Pranowo masih terkuat di Jawa Tengah. Menurutnya, belum ada calon lain yang bisa mengalahkan tingkat popularitas dan elektabilitas Ganjar.

"Incumbent survei masih cukup kuat dan belum ada calon yang suaranya cukup mengimbangi, " kata Puan usai pelantikan sayap partai Banteng Muda Indonesia Jawa Tengah, di Semarang, Rabu, 8 November 2017.

Hasto PDIP: Mbak Puan Ketua DPR Selanjutnya Sesuai Arahan Ibu Megawati

Kuatnya survei petahana, lanjut Puan, menjadi salah satu pertimbangan bagi PDIP untuk mengusung kembali mantan anggota DPR itu.

Namun demikian, partainya masih belum menentukan secara pasti apakah akan mengusung kembali Ganjar Pranowo. Menurutnya, dinamika politik masih bisa berubah dengan masih adanya waktu hingga Januari 2018 mendatang.

Puan Maharani Ingatkan Pemudik Hati-hati karena Jutaan Orang Akan Mudik

"Jadi belum tahu juga. Belum diputuskan, kepada siapa rekomendasi diberikan. Tapi survei tinggi salah satu faktor yang dipertimbangkan partai," kata putri Megawati Soekarno Putri itu. 

Selain masih cukup waktu, lanjut Puan, partainya juga tak akan gegabah untuk memutuskan siapa calon yang mendapatkan rekomendasi. Tak hanya faktor internal, DPP PDIP juga masih menjalin komunikasi dengan partai politik lainnya untuk kemungkinan menjalin koalisi.

"PDIP jelas siap dalam Pilkada Jawa Tengah 2018, tapi kami tetap komunikasi dengan partai politik dan calon baik cagub dan cawagub dari partai politik lainnya," tuturnya.

Perempuan yang kini menjabat sebagai Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayan itu pun enggan menyebut bahwa rekomendasi PDIP akan dilakukan mendekati pendaftaran KPU. Karena selain Jawa Tengah, PDIP juga masih belum mengumumkan calon untuk Pilkada provinsi lain. 

"Cuma baru Jatim, Jabar belum, Kalimantan juga belum. Ini bukan proses mudah. Jadi tunggu saja," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya